SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT

Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah Peuradeun

Banyak sarjana yang memiliki otoritas dalam suatu bidang ilmu merupakan bukti kuat bahwa para ulama kita tidak mengenal konsep dikotomi ilmu. Dalam pandangan Islam, menguasai semua ilmu sampai batas tertentu adalah wajib. Sebagai contoh, mempelajari teologi (ushuluddin) merupakan fardhu ain, yang wajib dipelajari setiap muslim laki-laki, sedangkan mempelajari ilmu umum merupakan fardhu kifayah. Pembagian ilmu menjadi fardhu ain dan fardhu kifayah atau ilmu naqli dan ilmu aqli tidak perlu dipahami secara dikotomis atau berhadap-hadapan, karena hanya merupakan pembagian hierarki ilmu berdasarkan tingkat taklif, kebutuhan, prioritas, dan kebenaran. Hal ini membahas pandangan tokoh pendidikan Islam dalam pemetaan ilmu/materi pelajaran, yang dalam istilah pendidikan sekarang dikenal sebagai kurikulum.

Kurikulum pendidikan Islam ideal menurut ketiga tokoh (al-Ghazali, Ibn Khaldun, dan al-Attas) menekankan integrasi ilmu tanpa dikotomi, dengan ruh agama Islam sebagai fondasi utamanya.Al-Ghazali mengklasifikasikan ilmu berdasarkan urgensi fardhu ain dan fardhu kifayah, sementara Ibn Khaldun membedakan ilmu naqliyah dan aqliyah namun tetap mengutamakan Al-Quran.Al-Attas menekankan islamisasi ilmu pengetahuan untuk menghindari penetrasi pemikiran liberal Barat.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan model kurikulum terpadu yang mengintegrasikan konsep fardhu ain dan fardhu kifayah dalam konteks pendidikan modern, dengan mengeksplorasi bagaimana prinsip hierarki ilmu al-Ghazali dapat diterapkan dalam pengembangan materi ajar kontemporer. Studi komparatif antara implementasi kurikulum berbasis islamisasi ilmu al-Attas di berbagai lembaga pendidikan juga perlu dilakukan untuk mengidentifikasi kendala dan keberhasilannya. Penelitian lain dapat menyelidiki dampak kurikulum integratif terhadap pembentukan karakter peserta didik dengan menganalisis keterkaitan antara penguasaan ilmu naqliyah dan aqliyah dalam membentuk kepribadian muslim yang utuh.

  1. #materi ajar#materi ajar
  2. #pendidikan agama islam#pendidikan agama islam
File size597.75 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test