UGMUGM

Gadjah Mada International Journal of BusinessGadjah Mada International Journal of Business

Meskipun ada penelitian tentang hubungan antara orientasi pasar dan kinerja perusahaan, penelitian terhadap berbagai ukuran kinerja secara rinci masih terbatas. Studi ini mengembangkan berbagai ukuran kinerja dalam bisnis ritel dan menguji hubungannya dengan orientasi pasar. Hasilnya menunjukkan bahwa orientasi pasar berhubungan positif dengan indikator non-keuangan. Selain itu, indikator non-keuangan tidak langsung dapat diperlakukan sebagai mediator utama dalam hubungan antara orientasi pasar dan indikator keuangan. Lebih lanjut, temuan ini menyarankan bahwa jenis-jenis ukuran kinerja yang berbeda memengaruhi besar hubungan antara orientasi pasar dan kinerja.

Meskipun ada penelitian tentang hubungan antara orientasi pasar dan kinerja perusahaan, penelitian terhadap berbagai ukuran kinerja secara rinci masih terbatas.Studi ini mengembangkan berbagai ukuran kinerja dalam bisnis ritel dan menguji hubungannya dengan orientasi pasar.Hasilnya menunjukkan bahwa orientasi pasar berhubungan positif dengan indikator non-keuangan.Selain itu, indikator non-keuangan tidak langsung dapat diperlakukan sebagai mediator utama dalam hubungan antara orientasi pasar dan indikator keuangan.Lebih lanjut, temuan ini menyarankan bahwa jenis-jenis ukuran kinerja yang berbeda memengaruhi besar hubungan antara orientasi pasar dan kinerja.Orientasi pasar memiliki pengaruh positif signifikan terhadap indikator non-keuangan seperti pangsa pasar, produktivitas ruang penjualan, dan tingkat perputaran stok.Penelitian lanjutan dapat menguji apakah penerapan teknologi digital seperti sistem analitik pelanggan atau aplikasi loyalitas dapat memperkuat hubungan antara orientasi pasar dan indikator non-keuangan di ritel Indonesia.Selain itu, studi baru bisa mengeksplorasi bagaimana perbedaan budaya regional di Indonesia—seperti antara Jawa, Sumatra, atau Kalimantan—mempengaruhi efektivitas orientasi pasar dalam meningkatkan kinerja ritel.Terakhir, penelitian ini bisa dikembangkan dengan membandingkan dampak orientasi pasar terhadap kinerja keuangan antara bisnis ritel kecil milik keluarga dan jaringan ritel modern, dengan mempertimbangkan akses terhadap data operasional dan kapasitas manajerial yang berbeda, sehingga menghasilkan model kinerja yang lebih kontekstual dan terstruktur.Jenis pendekatan pengukuran kinerja—baik langsung maupun tidak langsung—mempengaruhi besar hubungan yang ditemukan, sehingga penggunaan hanya satu metode pengukuran dapat menyesatkan dalam penelitian strategis.Meskipun ada penelitian tentang hubungan antara orientasi pasar dan kinerja perusahaan, penelitian terhadap berbagai ukuran kinerja secara rinci masih terbatas.Studi ini mengembangkan berbagai ukuran kinerja dalam bisnis ritel dan menguji hubungannya dengan orientasi pasar.Hasilnya menunjukkan bahwa orientasi pasar berhubungan positif dengan indikator non-keuangan.Selain itu, indikator non-keuangan tidak langsung dapat diperlakukan sebagai mediator utama dalam hubungan antara orientasi pasar dan indikator keuangan.Lebih lanjut, temuan ini menyarankan bahwa jenis-jenis ukuran kinerja yang berbeda memengaruhi besar hubungan antara orientasi pasar dan kinerja.

Penelitian lanjutan dapat menguji apakah penerapan teknologi digital seperti sistem analitik pelanggan atau aplikasi loyalitas dapat memperkuat hubungan antara orientasi pasar dan indikator non-keuangan di ritel Indonesia. Selain itu, studi baru bisa mengeksplorasi bagaimana perbedaan budaya regional di Indonesia—seperti antara Jawa, Sumatra, atau Kalimantan—mempengaruhi efektivitas orientasi pasar dalam meningkatkan kinerja ritel. Terakhir, penelitian ini bisa dikembangkan dengan membandingkan dampak orientasi pasar terhadap kinerja keuangan antara bisnis ritel kecil milik keluarga dan jaringan ritel modern, dengan mempertimbangkan akses terhadap data operasional dan kapasitas manajerial yang berbeda, sehingga menghasilkan model kinerja yang lebih kontekstual dan terstruktur.

  1. #indikator kinerja#indikator kinerja
  2. #pangsa pasar#pangsa pasar
File size122.45 KB
Pages19
DMCAReportReport

ads-block-test