UGMUGM

Gadjah Mada International Journal of BusinessGadjah Mada International Journal of Business

Penggunaan uang elektronik di Indonesia tumbuh pesat, namun niat penggunaan berkelanjutan masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Studi ini menginvestigasi kepercayaan sebagai faktor utama yang memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan. Dengan model Shao et al. (2019), penelitian menemukan pengaruh positif dari reputasi, keamanan, dan personalisasi terhadap kepercayaan. Kepercayaan menurunkan risiko yang dipersepsikan dan meningkatkan niat penggunaan. Namun, gender tidak memoderasi hubungan antara kepercayaan dan antecedennya.

Studi ini menemukan bahwa kepercayaan secara signifikan memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan uang elektronik.Reputasi dan keamanan menjadi anteceden utama kepercayaan, sementara personalisasi berpengaruh positif.Gender tidak memoderasi hubungan antara kepercayaan dan antecedennya.Selain itu, risiko yang dipersepsikan tidak berpengaruh signifikan terhadap niat penggunaan.

Penelitian lanjutan dapat membandingkan faktor-faktor kepercayaan di wilayah Indonesia lainnya atau negara dengan karakteristik sosial-ekonomi berbeda. Studi juga bisa menguji dampak faktor demografis lain seperti pendidikan atau tingkat penghasilan terhadap kepercayaan pengguna. Selain itu, perlu dijelaskan lebih lanjut mengapa risiko yang dipersepsikan tidak berpengaruh signifikan, terutama dalam konteks transaksi digital yang dinamis, untuk mengidentifikasi variabel kontekstual yang lebih relevan.

  1. DOI Name 10.1108 Values. name values index type timestamp data serv crossref email admin cnri reston... doi.org/10.1108DOI Name 10 1108 Values name values index type timestamp data serv crossref email admin cnri reston doi 10 1108
  2. Validate User. validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content... doi.org/10.1108/IntR-11-2016-0359Validate User validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content doi 10 1108 IntR 11 2016 0359
  3. "Role of Trust in Consumer Adoption of Mobile Payment Systems" by Shalini Chandra, Shirish... doi.org/10.17705/1cais.02729Role of Trust in Consumer Adoption of Mobile Payment Systems by Shalini Chandra Shirish doi 10 17705 1cais 02729
File size338.75 KB
Pages27
DMCAReportReport

ads-block-test