AFEBIAFEBI

AFEBI Management and Business ReviewAFEBI Management and Business Review

Penelitian ini mengeksplorasi peran pemasaran media sosial, jejaring bisnis, dan kemampuan inovasi dalam mendorong kinerja pemasaran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) makanan dan minuman di Kalimantan Barat, Indonesia, menggunakan Teori Berbasis Sumber Daya (RBV) dan Teori Keunggulan Sumber Daya (RAT). Data dikumpulkan dari 100 UMKM dan dianalisis melalui pemodelan persamaan struktural (SEM). Hasil menunjukkan bahwa pemasaran media sosial secara langsung meningkatkan kinerja pemasaran karena memiliki karakteristik VRIN (berharga, langka, tidak mudah ditiru, dan tidak dapat digantikan). Jejaring bisnis secara signifikan meningkatkan kemampuan inovasi namun gagal meningkatkan kinerja pemasaran secara langsung akibat hambatan struktural dan inovasi generik yang tidak memenuhi kriteria VRIN. Kemampuan inovasi tidak berperan sebagai mediator antara pemasaran media sosial dan kinerja pemasaran maupun antara jejaring bisnis dan kinerja pemasaran. Teori Keunggulan Sumber Daya menjelaskan hal ini dengan menekankan nilai independen dari pemasaran media sosial dalam memberikan respons pasar yang cepat tanpa memerlukan mediasi inovasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa UMKM di daerah dengan keterbatasan sumber daya seperti Kalimantan Barat sebaiknya memprioritaskan optimalisasi pemasaran media sosial sebagai aset strategis langsung serta mengatasi kekurangan infrastruktur dan kolaborasi untuk membebaskan potensi jejaring. Implikasi teoretis menyoroti penerapan RBV yang bergantung pada konteks dan perlunya strategi hibrida yang mengintegrasikan alat digital dengan aset budaya lokal.

Penelitian ini menemukan bahwa pemasaran media sosial memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan dan minuman di Kalimantan Barat melalui karakteristik VRIN seperti konten berbasis budaya lokal dan jangkauan pasar global yang efisien.Di sisi lain, jejaring bisnis meningkatkan kemampuan inovasi tetapi tidak berdampak langsung pada kinerja pemasaran karena adanya hambatan struktural dan tidak adanya mediasi signifikan dari kemampuan inovasi.Temuan ini memperkaya Teori Berbasis Sumber Daya dan Teori Keunggulan Sumber Daya dengan menunjukkan bahwa pemasaran media sosial dapat berfungsi sebagai aset mandiri yang langsung menciptakan keunggulan kompetitif tanpa perlu mediasi inovasi.

Penelitian selanjutnya sebaiknya mengeksplorasi faktor mediator alternatif seperti efisiensi operasional dalam hubungan antara pemasaran media sosial dan kinerja UMKM. Selain itu, penting untuk melakukan studi longitudinal guna menilai dampak jangka panjang dari intervensi kebijakan pemerintah terhadap digitalisasi UMKM. Terakhir, penelitian dapat mengkaji integrasi teknologi canggih seperti kecerdasan buatan atau big data analytics dalam strategi pemasaran digital UMKM untuk meningkatkan daya saing di pasar global.

  1. EFFECT OF MANAGEMENT INNOVATION, TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP, AND KNOWLEDGE SHARING ON MARKET PERFORMANCE... doi.org/10.21776/ub.jam.2021.019.02.18EFFECT OF MANAGEMENT INNOVATION TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP AND KNOWLEDGE SHARING ON MARKET PERFORMANCE doi 10 21776 ub jam 2021 019 02 18
  2. The Antecedents of Relationship Marketing and Customer Loyalty: A Case of the Designed Fashion Product... doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no2.195The Antecedents of Relationship Marketing and Customer Loyalty A Case of the Designed Fashion Product doi 10 13106 jafeb 2020 vol7 no2 195
  3. Creating Innovation Based on Superior Business Capabilities and Entrepreneurial Networks to Enhance Marketing... doi.org/10.18502/kss.v4i6.6631Creating Innovation Based on Superior Business Capabilities and Entrepreneurial Networks to Enhance Marketing doi 10 18502 kss v4i6 6631
  4. Exploring The Relationship Between Entrepreneurial Networking, Entrepreneur Leadership, Innovation capability,... doi.org/10.56070/ibmaj.2024.005Exploring The Relationship Between Entrepreneurial Networking Entrepreneur Leadership Innovation capability doi 10 56070 ibmaj 2024 005
File size455.77 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test