STAIMUNSTAIMUN

JEMINOV (Journal of Education Management and Innovation)JEMINOV (Journal of Education Management and Innovation)

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran pemimpin inovatif dalam membentuk lingkungan pendidikan yang adaptif di era perubahan yang dinamis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di beberapa institusi pendidikan yang telah berhasil mengimplementasikan kepemimpinan inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin inovatif memiliki peran kunci dalam mendorong adaptasi pada kurikulum, pengajaran berbasis teknologi, serta peningkatan kapasitas guru melalui program pelatihan yang berkelanjutan. Pemimpin yang adaptif dan kreatif terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik serta perkembangan global. Temuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan yang inovatif tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga memperkuat daya saing institusi pendidikan dalam jangka panjang. Simpulan penelitian ini menyoroti pentingnya pelatihan kepemimpinan bagi pemimpin pendidikan dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21.

Penelitian ini telah menegaskan bahwa pemimpin inovatif memainkan peran kunci dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang adaptif.Melalui pendekatan yang visioner dan kolaboratif, pemimpin inovatif dapat memfasilitasi perubahan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang dinamis dan beragam.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin yang mampu mengintegrasikan teknologi, mendorong partisipasi aktif semua pemangku kepentingan, serta mengembangkan budaya inovasi di dalam institusi pendidikan, mampu menghasilkan lingkungan belajar yang responsif dan inklusif.

Dalam penelitian selanjutnya, dapatkah peneliti mengeksplorasi bagaimana penerapan strategi kepemimpinan inovatif di berbagai jenis institusi pendidikan, seperti pendidikan dasar versus pendidikan tinggi, akan berbeda? Selain itu, penting untuk menyelidiki bagaimana faktor-faktor eksternal, seperti kebijakan pemerintah dan dukungan masyarakat, mempengaruhi efektivitas kepemimpinan inovatif dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang adaptif. Pertanyaan menarik lainnya adalah bagaimana pelatihan kepemimpinan yang berkelanjutan dapat dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik para pemimpin pendidikan, agar lebih siap menghadapi tantangan di era digital saat ini.

  1. Classification of Barriers to Digital Transformation in Higher Education Institutions: Systematic Literature... doi.org/10.3390/educsci13070746Classification of Barriers to Digital Transformation in Higher Education Institutions Systematic Literature doi 10 3390 educsci13070746
  2. Validate User. validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content... emerald.com/et/article/63/4/613-631/187852Validate User validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content emerald et article 63 4 613 631 187852
Read online
File size366.38 KB
Pages10
DMCAReport

Related /

ads-block-test