STAINUMADIUNSTAINUMADIUN

Opinia de JournalOpinia de Journal

Media sosial merupakan sarana komunikasi berbasis web yang menjadi wadah bagi seseorang untuk membagikan informasi kepada khalayak secara luas. Perkembangan teknologi dewasa ini menjadikan media sosial salah satu sarana mempermudah dalam beberapa kebutuhan sosial, tak terkecuali kegiatan promosi bagi pelaku usaha. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini memberikan tambahan pengetahuan mengenai manfaat media sosial sebagai sarana digital marketing bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Metode pengabdian yang digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah ini adalah Participatory Action Research (PAR). Selain melalui partisipasi dengan masyarakat, data dan informasi didapat melalui wawancara in-depth dan pendampingan terhadap pelaku UMKM selama masa pengabdian. Berdasarkan hasil penelitian, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaku usaha secara aktif menggunakan media sosial sebagai alat promosi dan dapat memperluas jangkauan usaha mereka sehingga mereka dapat meningkatkan penjualan dan laba usaha mereka.

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN) yang terintegrasi dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh mahasiswa IAIN Kediri di Kelurahan Banjarmlati ini dapat terlaksana dengan baik berkat kerjasama dari berbagai pihak.Dari penelitian ini diberoleh beberapa wawasan yaitu, beberapa pelaku UMKM di Kelurahan Banjarmlati tertarik dalam memanfaatkan media sosial secara optimal sebagai sarana pemasaran usahanya.Namun terdapat beberapa catatan setelah usainya program pengabdian di Kelurahan Banjarmlati, dimana pelaku UMKM perlu diberikan pendampingan secara kontinuitas oleh pemerintah setempat supaya dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Penelitian selanjutnya bisa mengeksplorasi bagaimana tingkat pemahaman pelaku UMKM tentang teknologi digital mempengaruhi efektivitas penggunaan media sosial dalam pemasaran, serta mencari solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi. Selain itu, penelitian bisa dilakukan untuk mengevaluasi perbandingan efektivitas antara pemasaran melalui media sosial dan metode pemasaran tradisional lainnya, untuk mengetahui mana yang lebih menguntungkan bagi UMKM. Juga, studi lanjutan dapat menginvestigasi bagaimana jenis konten yang diposting di media sosial berdampak pada interaksi dan penjualan, sehingga pelaku UMKM dapat lebih efektif dalam merumuskan strategi pemasaran mereka.

  1. #stroberi usaha mikro#stroberi usaha mikro
  2. #pelaku usaha kosmetik#pelaku usaha kosmetik
Read online
File size456.91 KB
Pages18
DMCAReport

Related /

ads-block-test