LAPANLAPAN

Jurnal Teknologi DirgantaraJurnal Teknologi Dirgantara

Igniter merupakan komponen roket yang berfungsi memberikan energi aktivasi pada permukaan propelan padat di dalam ruang bakar motor roket. Perancangan igniter memerlukan data spesifikasi roket secara menyeluruh, antara lain initial free volume dan tekanan ruang bakar stabil untuk propelan terkait. Sifat-sifat bahan isian igniter pun diperlukan terutama densiti dan fraksi condensed particles dari hasil pembakaran nya. Pada makalah ini, perancangan igniter tipe pirogen dirancang untuk motor roket diameter 420 mm dengan panjang 4000 mm yang menggunakan bataiig propelan konfigurasi ganda wagon wheel - silinder. Adapun hasil rancangan igniter adalah sebagai berikut: panjang tabung utama = 302,6 mm dan diameter - 52 mm memakai main charge dengan berat 388,31 gram, volume 212,19 cm3 serta luas kerongkongan nosel = 12,6 mm2. Tabung menengah dengan panjang = 200 mm dan diameter - 30 mm, maka berat black powder yang digunakan = 310,87 gram dengan volume = 141,37 cc. Panjang keseluruhan igniter dengan tangkai pemegangnya = 402,6 mm.

Dari hasil perancangan disimpulkan bahwa perancangan ini merupakan perancangan awal igniter untuk dapat digunakan membakar propelan berkonfigurasi ganda wagon wheel - silinder yang panjangnya = 4000 mm dengan panjang wagon wheel = 900 mm dan panjang silinder = 3100 mm.Dengan letak tabung igniter pada jarak 402,6 mm di bagian muka tabung motor roket, maka diharapkan semburan api yang keluar dari igniter dapat membakar seluruh permukaan dalam propelan.Perancangan ini perlu diuji lebih lanjut melalui simulasi dan uji statik untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Berdasarkan hasil perancangan ini, penelitian lanjutan dapat difokuskan pada pengujian performa igniter secara eksperimental melalui uji statik untuk memvalidasi hasil perhitungan dan simulasi. Selain itu, studi lebih mendalam mengenai pengaruh variasi komposisi bahan main charge terhadap karakteristik pembakaran dan energi yang dihasilkan dapat dilakukan untuk mengoptimalkan efisiensi penyalaan propelan. Terakhir, pengembangan desain igniter yang lebih inovatif, seperti penggunaan material baru atau konfigurasi geometris yang berbeda, dapat dieksplorasi untuk meningkatkan keandalan dan performa sistem penyalaan motor roket padat secara keseluruhan.

File size843.73 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test