PLBPLB
TEMATIKTEMATIKE-learning diakui sebagai salah satu bentuk pendidikan yang diselenggarakan melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi. Keberhasilan penerapan e-learning dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan penerimaan platform pembelajaran daring berdasarkan perspektif Theory of Planned Behavior (TPB). Penelitian ini memfokuskan pada tiga variabel independen, yaitu sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan. Dengan pendekatan eksplanatori dan fokus pada data kuantitatif, data penelitian diperoleh dari mahasiswa aktif yang memenuhi kriteria tertentu, yang kemudian diberi akses untuk mengisi kuesioner daring. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang dilakukan secara komputasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dua hipotesis, yaitu pengaruh norma subjektif terhadap niat dan pengaruh niat terhadap perilaku, memiliki dampak positif dan signifikan. Ini menunjukkan bahwa persepsi sosial seseorang dapat berperan penting dalam membentuk niat untuk menggunakan platform pembelajaran daring. Namun, tiga hipotesis lainnya menunjukkan pengaruh positif yang tidak signifikan, yang mengindikasikan bahwa kontrol sikap dan perilaku tidak secara signifikan memengaruhi penggunaan platform tersebut. Secara keseluruhan, keempat variabel tersebut hanya menjelaskan 43,7% dari perilaku pengguna, sementara 56,3% sisanya kemungkinan dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini.
Kesimpulan menunjukkan bahwa sikap tidak memengaruhi secara signifikan niat menggunakan platform e‑learning.Nilai norma subjektif atau persepsi sosial memainkan peran penting dalam membentuk niat yang kemudian berujung pada perilaku penggunaan.Kontrol perilaku tidak memiliki pengaruh pada niat maupun perilaku, sehingga niat menjadi faktor kunci utama dalam adopsi platform e‑learning.
Meneliti pengaruh persepsi kegunaan dan kemudahan penggunaan platform e-learning terhadap niat mahasiswa di program studi Teknik Informatika. Menilai apakah interaksi antara dukungan institusi dan kebijakan perguruan tinggi dapat memperkuat kontrol perilaku mahasiswa dalam penggunaan e-learning. Membandingkan prediksi Model Penyetujui (TAM) dan Teori Perilaku Terencana (TPB) terhadap perilaku penggunaan e-learning pada mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi dan Ilmu Komputer. Menyusun model perubahannya dan mengamati apakah hasilnya berbeda antara kedua jurusan tersebut. Meneliti efek variabel sosial, seperti jaringan sosial mahasiswa, pada kepatuhan terhadap platform e-learning. Investigasi bagaimana iklim organisasi mendukung adopsi teknologi dan apakah ini memoderasi hubungan antara persepsi dan niat. Meneliti peran waktu belajar mandiri dan fleksibilitas kurikulum sebagai faktor tambahan yang mempengaruhi kontrol perilaku. Membahas implikasi temuan terhadap desain kurikulum berbasis e-learning berbasis konteks budaya mahasiswa di Indonesia. Menentukan rekomendasi praktis bagi pengembang platform dan pengelola institusi untuk meningkatkan adopsi jangka panjang.
- JITE:Research - Assessing Student’s Adoption of E-Learning: An Integration of TAM and TPB Framework.... doi.org/10.28945/5000JITE Research Assessing StudentAos Adoption of E Learning An Integration of TAM and TPB Framework doi 10 28945 5000
- Analisis Penerimaan dan Penggunaan Transportasi Online di Kalangan Pelajar (Studi Kasus: SMA di Kecamatan... ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak/article/view/1153Analisis Penerimaan dan Penggunaan Transportasi Online di Kalangan Pelajar Studi Kasus SMA di Kecamatan ejurnal teknokrat ac index php teknokompak article view 1153
| File size | 363.59 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
KOMPETIFKOMPETIF The millennial era is now the time for youth to have creative and innovative thinking, with this background it is necessary to conduct a study of the influenceThe millennial era is now the time for youth to have creative and innovative thinking, with this background it is necessary to conduct a study of the influence
PLBPLB Penelitian ini juga menyelidiki implikasi pendidikan dari teknologi terkini terhadap cara belajar siswa dan perkembangan proses belajar mengajar di pendidikanPenelitian ini juga menyelidiki implikasi pendidikan dari teknologi terkini terhadap cara belajar siswa dan perkembangan proses belajar mengajar di pendidikan
PLBPLB Metode evaluasi model yang digunakan dalam penelitian ini ialah RMSE dan MAE, dan hasil pengujian modelnya yaitu memiliki nilai RMSE sebesar 32208867.139Metode evaluasi model yang digunakan dalam penelitian ini ialah RMSE dan MAE, dan hasil pengujian modelnya yaitu memiliki nilai RMSE sebesar 32208867.139
PLBPLB Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan survei, dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk memahami dampak intervensi terhadap peningkatanData dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan survei, dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk memahami dampak intervensi terhadap peningkatan
Useful /
PLBPLB Analisis statistik deskriptif, korelasi, dan K-Means dilakukan untuk mengidentifikasi pola dominan. Hasil menunjukkan korelasi positif antara kecepatanAnalisis statistik deskriptif, korelasi, dan K-Means dilakukan untuk mengidentifikasi pola dominan. Hasil menunjukkan korelasi positif antara kecepatan
UNUJAUNUJA Integrasi nilai‑spiritual ke dalam kurikulum sekolah penting mengingat tantangan dan persaingan yang dihadapi siswa. Pendekatan holistik ini dapat meningkatkanIntegrasi nilai‑spiritual ke dalam kurikulum sekolah penting mengingat tantangan dan persaingan yang dihadapi siswa. Pendekatan holistik ini dapat meningkatkan
KOMPETIFKOMPETIF Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel kemandirian, modal, emosional, dan pendidikan berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausahaHasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel kemandirian, modal, emosional, dan pendidikan berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha
KOMPETIFKOMPETIF Kegiatan ekowisata yang dikelola telah memberikan dampak positif, termasuk manfaat finansial, peningkatan kesadaran, dan dukungan terhadap penghijauan,Kegiatan ekowisata yang dikelola telah memberikan dampak positif, termasuk manfaat finansial, peningkatan kesadaran, dan dukungan terhadap penghijauan,