RAHARJARAHARJA
CCIT (Creative Communication and Innovative Technology) JournalCCIT (Creative Communication and Innovative Technology) JournalSalah satu masalah yang sering dihadapi perguruan tinggi saat ini adalah masih kurangnya sistem pembelajaran yang dapat mendukung kualitas belajar mengajar yang baik dan efisien. Saat ini, metode pembelajaran yang ada masih bersifat konvensional dimana pembelajaran masih berjalan satu arah, dimana mahasiswa/i terpaku pada materi yang disampaikan oleh dosen didepan dan membuat mahasiswa/i cendrung merasa bosan dan pasif. Sebagai alternatif pemecahan masalah adalah memberikan inovasi pembelajaran terbaru yaitu Sistem iLearning, Sistem iLearning adalah sistem pembelajaran terpadu yang diterapkan merupakan salah satu bentuk untuk meningkatkan mutu menuju suatu pendidikan yang modern dan berkualitas. Alasan penerapan metode pembelajaran iLearning ini yaitu berharap dapat memberikan sistem pembelajaran yang lebih aktif dan memiliki timbal balik yang kuat antara dosen dan mahasiswa, karena proses belajar mengajar yang inovatif dan efisien tentunya akan menambah kesenangan dan semangat para mahasiswa/i sehingga mahasiswa/i pun tidak akan merasa jenuh dan pasif. Dengan itu mahasiswa pun dapat belajar lebih optimal, dan dapat melihat dan membaca bahan ajar yang diberikan oleh dosen pada iPadnya masing-masing. Tidak hanya itu mahasiswa/ i pun bisa dengan mudah mengerjakan latihan-latihan/quiz, browsing, mengirim tugas, berdiskusi dan mencatat dengan iPad tanpa harus mengeluarkan alat tulis. Dengan adanya pembelajaran yang praktis ini semoga membantu dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berbasis iLearning pada Perguruan Tinggi, sehingga pada akhirnya diperoleh lulusan atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan mampu bersaing di era globalisasi bercirikan high competition.
Penelitian ini menunjukkan bahwa iLearning yang diimplementasikan di Perguruan Tinggi Raharja berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran dengan berperan sebagai enabler yang mengoptimalkan berbagai jenis kecerdasan mahasiswa.Sistem iLearning, yang mengintegrasikan konsep 4B (Belajar, Bermain, Bekerja, Berdoa) serta aplikasi pendukung seperti InClass, Cram, Pages, Keynote, dan Numbers, memperbaiki proses pembelajaran menjadi lebih nyaman, menyenangkan, dan efektif dibandingkan metode konvensional dan e‑learning.Selain meningkatkan kualitas pembelajaran, iLearning dapat dikembangkan lebih lanjut untuk memperbaiki evaluasi pembelajaran dan diterapkan secara luas di institusi pendidikan tinggi lainnya.
Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki secara kuantitatif bagaimana iLearning memengaruhi pengembangan kecerdasan beragam mahasiswa, seperti kecerdasan spasial, logika, linguistik, dan emosional, dengan menggunakan instrumen pengukuran yang terstandarisasi. Selain itu, perlu dilakukan studi komparatif untuk menilai efektivitas iLearning dalam lingkungan hybrid atau sepenuhnya daring dibandingkan dengan pembelajaran tradisional, sehingga dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang meningkatkan motivasi dan pencapaian belajar. Selanjutnya, disarankan mengembangkan algoritma pembelajaran adaptif dalam platform iLearning yang dapat menyesuaikan materi secara otomatis berdasarkan kinerja dan preferensi individu mahasiswa, serta menguji dampaknya terhadap personalisasi pembelajaran dan hasil akademik secara luas.
| File size | 570.28 KB |
| Pages | 17 |
| DMCA | Report |
Related /
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Setelah menganalisis data, diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test adalah 52,96 dan rata-rata skor post-test adalah 76,67. Nilai signifikansi yang dihitungSetelah menganalisis data, diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test adalah 52,96 dan rata-rata skor post-test adalah 76,67. Nilai signifikansi yang dihitung
SAINTEKMUSAINTEKMU Sehingga perlu dibuat sebuah aplikasi pembelajaran online atau e-learning untuk mempermudah proses belajar mengajar agar tetap dapat dilaksanakan walaupunSehingga perlu dibuat sebuah aplikasi pembelajaran online atau e-learning untuk mempermudah proses belajar mengajar agar tetap dapat dilaksanakan walaupun
MAHADEWAMAHADEWA 000 < 0. 05. Kesimpulan penelitian menyatakan penggunaan MOBUSAN berdampak signifikan pada kemampuan memahami konsep budaya Indonesia siswa kelas IV SD000 < 0. 05. Kesimpulan penelitian menyatakan penggunaan MOBUSAN berdampak signifikan pada kemampuan memahami konsep budaya Indonesia siswa kelas IV SD
UINSIUINSI Teori yang digunakan mencakup teori komunikasi keluarga dan manajemen konflik. Temuan menunjukkan bahwa meskipun izin resmi memberikan legitimasi, keberhasilanTeori yang digunakan mencakup teori komunikasi keluarga dan manajemen konflik. Temuan menunjukkan bahwa meskipun izin resmi memberikan legitimasi, keberhasilan
UINSIUINSI Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi halal berbasis hukum Islam secara signifikan meningkatkan daya saing produk halal secara global dengan memperkuatHasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi halal berbasis hukum Islam secara signifikan meningkatkan daya saing produk halal secara global dengan memperkuat
LAPANLAPAN These radio devices, in contrast to typical radio communication systems, are extremely adaptable and versatile. This technology has recently been implementedThese radio devices, in contrast to typical radio communication systems, are extremely adaptable and versatile. This technology has recently been implemented
INDOSCIENCEINDOSCIENCE Implementasi LMS Moodle berhasil menembus batas geografis dan memangkas waktu seleksi bootcamp. Kendati demikian, rendahnya komitmen belajar membuat jumlahImplementasi LMS Moodle berhasil menembus batas geografis dan memangkas waktu seleksi bootcamp. Kendati demikian, rendahnya komitmen belajar membuat jumlah
UPIUPI Hasil numerik menunjukkan bahwa proses penyempurnaan adaptif berhasil menyempurnakan elemen di sekitar pusat suku sumber. Selain itu, estimasi galat globalHasil numerik menunjukkan bahwa proses penyempurnaan adaptif berhasil menyempurnakan elemen di sekitar pusat suku sumber. Selain itu, estimasi galat global
Useful /
UINSIUINSI diperlukan pendekatan alternatif yang mampu meningkatkan kesadaran publik tentang hak perempuan dan kesetaraan gender dalam Islam, mengingat konteks sosial-politikdiperlukan pendekatan alternatif yang mampu meningkatkan kesadaran publik tentang hak perempuan dan kesetaraan gender dalam Islam, mengingat konteks sosial-politik
UNIKOMUNIKOM Melalui pendekatan analisis semiotika yang diusulkan oleh Roland Gérard Barthes — meliputi tanda, penanda, dan petanda — penelitian ini mengeksplorasiMelalui pendekatan analisis semiotika yang diusulkan oleh Roland Gérard Barthes — meliputi tanda, penanda, dan petanda — penelitian ini mengeksplorasi
UNHASUNHAS Hasil menunjukkan kertas yang dihasilkan memiliki gramatur 120 g/m², kekuatan tarik 15 MPa, dan warna cokelat alami. Kertas ini layak digunakan untukHasil menunjukkan kertas yang dihasilkan memiliki gramatur 120 g/m², kekuatan tarik 15 MPa, dan warna cokelat alami. Kertas ini layak digunakan untuk
UNHASUNHAS Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan teknologi ramah lingkungan pada proses produksi kertas di PT XYZ. Metode kualitatif digunakan melaluiPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan teknologi ramah lingkungan pada proses produksi kertas di PT XYZ. Metode kualitatif digunakan melalui