UGMUGM

Gadjah Mada International Journal of BusinessGadjah Mada International Journal of Business

Munculnya perdagangan berbasis internet menawarkan peluang yang cukup besar bagi perusahaan untuk memperluas jumlah pelanggan, memasuki pasar baru, dan merasionalisasikan bisnis mereka. Pemerintah Indonesia telah menerapkan serangkaian rencana dan kegiatan untuk mempromosikan penggunaan teknologi untuk meningkatkan kinerja Unit Kecil Menengah (UKM). Meskipun berbagai upaya pemerintah telah dilakukan, namun tingkat adopsi teknologi masih rendah. Oleh karena itu, penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan seorang entrepreneur dalam mengadopsi internet yaitu dengan mengukur kesiapan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan teknologi dan sejauh mana tingkat adopsi e-commerce para entrepreneur di UKM.

Penelitian ini menemukan bahwa kesiapan teknologi entrepreneur UKM di Bandung bersifat moderat dengan tingkat adopsi internet hanya 36,3%.Perbedaan signifikan terjadi pada pemberdayaan teknologi terkait gender, pendidikan, dan pendapatan.Hasil ini menunjukkan kebutuhan pembinaan terhadap UKM dalam memanfaatkan e-commerce.

Penelitian lanjutan dapat memperluas wilayah penelitian ke kota-kota lain di Indonesia untuk mengukur perbedaan adopsi teknologi di berbagai daerah. Studi perlu mencakup sektor usaha yang lebih beragam untuk memahami dinamika adopsi e-commerce yang spesifik. Selain itu, penelitian juga dapat mengeksplorasi faktor eksternal seperti tekanan kompetitor dan permintaan konsumen yang mendorong penerapan inovasi teknologi di UKM.

  1. #adopsi teknologi blockchain#adopsi teknologi blockchain
File size592.45 KB
Pages21
DMCAReportReport

ads-block-test