PROSPECTPUBLISHINGPROSPECTPUBLISHING

Prospect: Jurnal Pemberdayaan MasyarakatProspect: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat

Pada akhir tahun 2019, Kampung Lawang Seketeng telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya sebagai destinasi wisata bersejarah. Kampung ini merupakan kampung tertua di Surabaya yang memiliki nilai sejarah karena terdapat rumah masa kanak-kanak Presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Sayangnya, meskipun telah ditata dan direkonstruksi agar menjadi tempat wisata yang layak dikunjungi, jumlah kunjungan wisatawan tidak mengalami peningkatan. Hasil riset pra-Pengabdian kepada Masyarakat mengidentifikasi masalah yang dihadapi pengurus wisata dan Anggota Kelompok Sadar Wisata Kampung Lawang Seketeng yaitu belum dioptimalkannya media sosial sebagai media promosi. Padahal pesan yang didistribusikan oleh media sosial memiliki potensi untuk menjangkau audiensi yang sangat besar dan beragam. Media sosial juga mampu memberdayakan pengguna untuk menjadi pemberi pengaruh baru. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembuatan akun media sosial, pengambilan foto serta video untuk pembuatan profil yang kemudian diunggah dalam media sosial tersebut. Selain itu, perlu dilakukan pelatihan mengenai pengelolaan media sosial, pemotretan, dan pelatihan pemasaran digital agar wisatawan menjadi sadar, tertarik, dan akhirnya terbujuk untuk mengunjungi Kampung Lawang Seketeng sebagai destinasi wisata bersejarah di Surabaya.

Kegiatan pra-PkM menunjukkan bahwa penggunaan media sosial sebagai media promosi oleh Kampung Lawang Seketeng belum dimaksimalkan.Media sosial memiliki potensi besar untuk memberdayakan pengguna sebagai pemberi pengaruh baru.Melalui pembuatan video profil, akun media sosial, dan pelatihan pengelolaan media sosial, diharapkan Kampung Lawang Seketeng dapat menjadi destinasi wisata bersejarah yang menarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Untuk penelitian lanjutan, disarankan untuk melakukan studi tentang efektivitas konten media sosial dalam meningkatkan kunjungan wisata ke Kampung Lawang Seketeng. Selain itu, penting untuk mengevaluasi bagaimana pelatihan pengelolaan media sosial dapat meningkatkan kemampuan warga dalam mempromosikan destinasi wisata. Penelitian juga dapat dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi minat wisatawan dalam mengunjungi destinasi wisata bersejarah, seperti faktor budaya, sejarah, dan lokasi.

  1. #dodo goat milk#dodo goat milk
  2. #destinasi wisata#destinasi wisata
File size650.78 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test