PROSPECTPUBLISHINGPROSPECTPUBLISHING

Prospect: Jurnal Pemberdayaan MasyarakatProspect: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat

Konservasi Penyu Pantai Kili-Kili merupakan destinasi wisata yang terletak di pesisir selatan Jawa Timur tepatnya di Desa Wonocoyo Kabupaten Trenggalek. Terdapat kurang lebih empat jenis penyu konservasi, yaitu penyu sisik, penyu abu-abu, penyu belimbing, dan penyu hijau. Sebagai destinasi wisata baru, Pantai Kili-Kili menyimpan banyak potensi namun belum dikembangkan secara maksimal. Metode promosi konvensional belum mampu menjangkau target wisatawan nasional maupun mancanegara. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah strategi promosi dan pemasaran destinasi wisata Kili-Kili sebagai wisata berbasis pendidikan melalui Internet (media sosial). Maka dari itu, kegiatan pengabdian ini berfokus pada optimalisasi destination branding menggunakan model AISAS (attention, interest, search, action, and share) melalui media sosial. Adapun metode pelaksanaan kegiatan pengabdian antara lain 1) sosialisasi program kegiatan ke masyarakat lokal, 2) pendampingan masyarakat lokal dalam penggunaan media sosial sebagai medium promosi tempat wisata, 3) pelatihan serta pembuatan konten media sosial dengan melibatkan POKMASWAS Konservasi penyu. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan selain untuk mempromosikan keberadaan ekowisata bahari Pantai Taman Kili-Kili, Kabupaten Trenggalek sekaligus sebagai kampanye biota penyu dengan memanfaatkan media sosial sebagai saluran komunikasi.

Kegiatan pengabdian berfokus pada optimalisasi digital branding ekowisata bahari Konservasi Penyu Kili-Kili melalui media sosial dengan metode AISAS.Pihak mitra menunjukkan kesadaran untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi wisata dan edukasi.Untuk dampak nyata, perlu pendampingan lebih lanjut dalam pengelolaan digital marketing guna meningkatkan jumlah kunjungan.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan strategi pemasaran digital yang lebih terintegrasi dengan melibatkan analisis data pengunjung untuk menyesuaikan konten dengan preferensi pasar. Selain itu, perlu dikaji efektivitas model AISAS dalam konteks ekowisata berbasis konservasi untuk mengukur dampaknya terhadap kesadaran lingkungan dan jumlah kunjungan. Terakhir, eksplorasi kolaborasi dengan influencer lokal atau nasional dapat menjadi arah studi untuk memperluas jangkauan promosi dan meningkatkan engagement di media sosial.

  1. #digital marketing#digital marketing
  2. #dodo goat milk#dodo goat milk
File size512.42 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test