PNBPNB

International Journal of Green Tourism Research and ApplicationsInternational Journal of Green Tourism Research and Applications

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman komunikasi pemasaran dalam membangun citra merek, serta menentukan strategi komunikasi pemasaran yang seharusnya digunakan oleh departemen komunikasi pemasaran dalam membangun citra merek. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, Matriks Analisis Faktor Internal (IFAS), Matriks Analisis Faktor Eksternal (EFAS), Matriks Internal-Eksternal (IE), dan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor internal dan eksternal yang memengaruhi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh departemen komunikasi pemasaran di The Westin Resort Nusa Dua, Bali. Berdasarkan hasil analisis matriks IFAS, kekuatan utama terletak pada hubungan baik dengan seluruh mitra, media, influencer, tamu, dan masyarakat, sedangkan kelemahan utama adalah respons terhadap keluhan serta penyediaan solusi pada ulasan di Trip Advisor, OTA, dan media sosial. Berdasarkan hasil analisis matriks EFAS, peluang utama adalah perkembangan teknologi, sementara ancaman kecil meliputi posisi The Westin Resort Nusa Dua, Bali dalam persaingan dan bencana alam seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, dan banjir. Hasil penelitian matriks IE menunjukkan posisi perusahaan berada pada pertumbuhan (Sel V). Analisis SWOT menghasilkan 6 alternatif strategi komunikasi pemasaran yang dapat digunakan dalam membangun citra merek.

Strategi komunikasi pemasaran di The Westin Resort Nusa Dua Bali saat ini lebih berfokus pada promosi melalui media online yang dianggap efektif karena mengikuti tren terkini.Posisi bisnis perusahaan berada pada Sel V matriks Internal-Eksternal, yang menunjukkan masa pertumbuhan dan stabilitas.Strategi yang direkomendasikan meliputi pemanfaatan kekuatan dan peluang dengan memaksimalkan promosi melalui platform online, memasukkan unsur budaya dan tradisi dalam kegiatan promosi, serta meningkatkan respons terhadap ulasan konsumen di platform online untuk memperkuat citra merek.

Pertama, perlu dilakukan penelitian mengenai efektivitas berbagai platform media sosial (seperti Instagram, TikTok, dan YouTube) dalam membangun citra merek wellness dan family-friendly di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara yang berbeda segmennya. Kedua, studi lanjutan dapat mengkaji bagaimana integrasi budaya lokal Bali ke dalam konten promosi digital memengaruhi keterlibatan pengguna dan persepsi merek, termasuk eksplorasi terhadap bentuk-bentuk inovatif seperti storytelling berbasis virtual reality atau konten interaktif. Ketiga, perlu diteliti strategi respons terhadap ulasan negatif di platform seperti Trip Advisor dan OTA secara real-time, termasuk pengembangan sistem monitoring otomatis dan personalisasi respons, untuk melihat bagaimana pendekatan tersebut memengaruhi kepercayaan konsumen dan loyalitas jangka panjang. Penelitian-penelitian ini akan melengkapi temuan saat ini dengan pendekatan yang lebih mendalam terhadap aspek teknologi, budaya, dan interaksi konsumen secara digital.

  1. Marketing communication strategy using online platforms to build brand image at The Westin Resort Nusa... doi.org/10.31940/ijogtra.v3i1.1988Marketing communication strategy using online platforms to build brand image at The Westin Resort Nusa doi 10 31940 ijogtra v3i1 1988
File size221.89 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test