OJS INDONESIAOJS INDONESIA

SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan PendidikanSIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan

Makalah ini membahas inovasi produk UMKM di era VUCA (Volatilitas, Ketidakpastian, Kompleksitas, Ambiguitas). Salah satu masalah umum yang dihadapi UMKM di Indonesia adalah tantangan terkait inovasi produk. Tantangan ini meliputi sumber daya manusia yang terbatas dan kurangnya akses terhadap teknologi dan pengetahuan. Oleh karena itu, inovasi produk perlu terus berkembang tidak hanya dengan pendekatan orientasi teknologi, tetapi juga membutuhkan koordinasi inter-fungsional yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pada 205 UMKM sebagai responden. Ada tiga variabel yang menjadi objek penelitian, yaitu Inovasi Produk sebagai variabel dependen, Orientasi Teknologi sebagai variabel independen dan Koordinasi Inter-Fungsional sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel Koordinasi Inter-Fungsional memediasi hubungan antara variabel Orientasi Teknologi dan variabel Inovasi Produk. Dengan demikian, Orientasi Teknologi tidak akan optimal dalam mengembangkan Inovasi Produk UMKM, kecuali UMKM memperkuat Koordinasi Inter-Fungsional. Koordinasi inter-fungsional adalah proses di mana berbagai fungsi atau departemen dalam suatu organisasi bekerja sama dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama.

Kolaborasi antara fungsi dalam UMKM memediasi dan bertindak sebagai penghubung antara fokus pada teknologi dan pengembangan inovasi produk, terutama di Era VUCA yang saat ini masih relevan.Dalam kerangka ini, koordinasi antara berbagai unit atau departemen dalam UMKM memungkinkan kolaborasi sinergis untuk menciptakan produk baru yang inovatif dengan menggunakan teknologi sebagai penggerak utamanya.Kolaborasi lintas fungsi memiliki peran kunci dalam mengatur proses inovasi produk dengan menghubungkan tahapan pengembangan produk dengan kebutuhan teknologi yang ada.Kolaborasi yang solid antara penelitian dan pengembangan, produksi, pemasaran, dan departemen lainnya dapat memfasilitasi aliran informasi dan pengetahuan yang lancar, memungkinkan sinergi dalam mengembangkan konsep, prototipe, dan membawa produk baru ke pasar.

Bagaimana sebaiknya UMKM mengembangkan strategi inovasi produk yang lebih adaptif terhadap perubahan pasar di tengah era VUCA? Penelitian dapat diarahkan untuk mengeksplorasi pengaruh penerapan teknologi digital dalam proses inovasi produk di UMKM, terutama dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional. Selain itu, bagaimana peran jaringan kolaborasi antara UMKM dan lembaga pendidikan dalam meningkatkan akses terhadap teknologi dan pengetahuan terbaru juga perlu diteliti lebih lanjut, untuk mengidentifikasi cara-cara inovatif dalam mendukung pengembangan produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen.

  1. Qualitative Investigation: Exploring the Challenges Faced by Indonesian SMEs in Accessing Financial Services... doi.org/10.58812/wsis.v1i05.72Qualitative Investigation Exploring the Challenges Faced by Indonesian SMEs in Accessing Financial Services doi 10 58812 wsis v1i05 72
  1. #artificial intelligence#artificial intelligence
  2. #artificial intelligence#artificial intelligence
File size339.61 KB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test