DINASTIPUBDINASTIPUB

Dinasti International Journal of Economics, Finance & AccountingDinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting

Saat ini, persaingan yang ketat tidak hanya terjadi di sektor ekonomi, tetapi juga menyasar pada sektor pendidikan. Ada kesenjangan analisis antara layanan sistem informasi, peran hubungan pelanggan, dan citra lembaga yang belum diakui, berdampak pada kepuasan mahasiswa, serta dugaan penurunan mahasiswa baru berdasarkan rekomendasi mahasiswa dan keluarga. Dengan mempertimbangkan kualitas layanan, strategi membangun hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan citra merek, akan menentukan tingkat kepuasan mahasiswa sehingga membentuk loyalitas mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Layanan, Pemasaran Hubungan Pelanggan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai variabel intervening (studi kasus Akademi Telkom Jakarta). Penelitian ini dikategorikan ke dalam Penelitian Eksplanatori, dengan metode survei menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampel Probabilitas untuk populasi 506 mahasiswa, dengan mempertimbangkan 305 responden menggunakan metode Stratified Random Sampling. Analisis yang digunakan adalah LISREL 8.70 untuk Pemodelan Persamaan Struktural (SEM), dengan loading faktor sebesar 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara variabel SERVQUAL, CRM, dan BRAND dengan variabel KEPUASAN dan LOYALITAS. Disimpulkan bahwa jika kualitas layanan, pemasaran hubungan pelanggan, dan citra merek ditingkatkan, maka tingkat kepuasan akan meningkat, diikuti dengan peningkatan loyalitas konsumen.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut.Hasil penelitian menemukan bahwa Kualitas Layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.Hasil penelitian menemukan bahwa Pemasaran Hubungan Pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.Hasil penelitian menemukan bahwa Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.Hasil penelitian menemukan bahwa Kualitas Layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.Hasil penelitian menemukan bahwa Pemasaran Hubungan Pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.Hasil penelitian menemukan bahwa Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.Hasil penelitian menemukan bahwa kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Untuk penelitian lebih lanjut, sebaiknya diselidiki bagaimana pengaruh kualitas layanan yang lebih spesifik terhadap kepuasan mahasiswa di berbagai disiplin ilmu di Akademi Telkom Jakarta. Selain itu, penting untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh pemasaran hubungan pelanggan terhadap loyalitas mahasiswa di instituciones pendidikan tinggi lain yang memiliki karakteristik berbeda. Terakhir, pengaruh citra merek lembaga pendidikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih institusi juga patut diteliti lebih jauh untuk memahami dinamika yang memengaruhi perilaku mahasiswa dalam memilih tempat studi mereka.

File size680.47 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test