DINASTIPUBDINASTIPUB
Dinasti International Journal of Economics, Finance & AccountingDinasti International Journal of Economics, Finance & AccountingSaat ini, persaingan yang ketat tidak hanya terjadi di sektor ekonomi, tetapi juga menyasar pada sektor pendidikan. Ada kesenjangan analisis antara layanan sistem informasi, peran hubungan pelanggan, dan citra lembaga yang belum diakui, berdampak pada kepuasan mahasiswa, serta dugaan penurunan mahasiswa baru berdasarkan rekomendasi mahasiswa dan keluarga. Dengan mempertimbangkan kualitas layanan, strategi membangun hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan citra merek, akan menentukan tingkat kepuasan mahasiswa sehingga membentuk loyalitas mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Layanan, Pemasaran Hubungan Pelanggan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai variabel intervening (studi kasus Akademi Telkom Jakarta). Penelitian ini dikategorikan ke dalam Penelitian Eksplanatori, dengan metode survei menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampel Probabilitas untuk populasi 506 mahasiswa, dengan mempertimbangkan 305 responden menggunakan metode Stratified Random Sampling. Analisis yang digunakan adalah LISREL 8.70 untuk Pemodelan Persamaan Struktural (SEM), dengan loading faktor sebesar 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara variabel SERVQUAL, CRM, dan BRAND dengan variabel KEPUASAN dan LOYALITAS. Disimpulkan bahwa jika kualitas layanan, pemasaran hubungan pelanggan, dan citra merek ditingkatkan, maka tingkat kepuasan akan meningkat, diikuti dengan peningkatan loyalitas konsumen.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut.Hasil penelitian menemukan bahwa Kualitas Layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.Hasil penelitian menemukan bahwa Pemasaran Hubungan Pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.Hasil penelitian menemukan bahwa Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.Hasil penelitian menemukan bahwa Kualitas Layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.Hasil penelitian menemukan bahwa Pemasaran Hubungan Pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.Hasil penelitian menemukan bahwa Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.Hasil penelitian menemukan bahwa kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Untuk penelitian lebih lanjut, sebaiknya diselidiki bagaimana pengaruh kualitas layanan yang lebih spesifik terhadap kepuasan mahasiswa di berbagai disiplin ilmu di Akademi Telkom Jakarta. Selain itu, penting untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh pemasaran hubungan pelanggan terhadap loyalitas mahasiswa di instituciones pendidikan tinggi lain yang memiliki karakteristik berbeda. Terakhir, pengaruh citra merek lembaga pendidikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih institusi juga patut diteliti lebih jauh untuk memahami dinamika yang memengaruhi perilaku mahasiswa dalam memilih tempat studi mereka.
| File size | 680.47 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
DINASTIPUBDINASTIPUB Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tren penelitian di bidang persaingan dalam industri perbankan, sintesis teori persaingan dan teori stabilitas.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tren penelitian di bidang persaingan dalam industri perbankan, sintesis teori persaingan dan teori stabilitas.
DINASTIPUBDINASTIPUB Namun, penekanan tidak pada pengujian hipotesis, tetapi pada upaya untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara formal dan argumentatif. Hasil penelitianNamun, penekanan tidak pada pengujian hipotesis, tetapi pada upaya untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara formal dan argumentatif. Hasil penelitian
DINASTIPUBDINASTIPUB Analisis data menggunakan model persamaan struktural Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek halal-haram, pemahaman regulasi pajak, dan religiositasAnalisis data menggunakan model persamaan struktural Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek halal-haram, pemahaman regulasi pajak, dan religiositas
DINASTIPUBDINASTIPUB Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa return on assets memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan; return on equity memiliki pengaruhHasil penelitian ini menunjukkan bahwa return on assets memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan; return on equity memiliki pengaruh
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal iniHasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal ini
DINASTIPUBDINASTIPUB Selain itu, kepuasan kerja juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Secara tidak langsung, reward dan lingkungan kerja meningkatkanSelain itu, kepuasan kerja juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Secara tidak langsung, reward dan lingkungan kerja meningkatkan
DINASTIPUBDINASTIPUB 2) Variabel Earning Per Share secara parsial memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap harga saham. 3) Variabel Return on Equity secara parsial2) Variabel Earning Per Share secara parsial memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap harga saham. 3) Variabel Return on Equity secara parsial
DINASTIPUBDINASTIPUB Namun, diyakini bahwa perusahaan itu sendiri tidak akan mengekspos secara luas mengenai aktivitas CSR yang diberikan atau diberikan untuk beberapa alasanNamun, diyakini bahwa perusahaan itu sendiri tidak akan mengekspos secara luas mengenai aktivitas CSR yang diberikan atau diberikan untuk beberapa alasan