SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT

Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah Peuradeun

Pendidikan Islam termasuk dalam kategori socio-humanistik yang dapat dikembangkan dari epistemologinya. Reformasi pendidikan mutlak dilakukan karena terjadi kelemahan pada filsafat, teori, dan operasional pendidikan, dengan fokus utama pada reformasi wawasan. Penelitian ini membahas aspek epistemologis Islam sebagai langkah dasar dalam reformasi pendidikan, mengkritisi kelemahan pendidikan Islam terkait kurangnya filosofi, perlu pengayaan nilai ilahiah, dan pengembangan manajemen berbasis prinsip Islami.

Reformasi pendidikan Islam sangat diperlukan untuk mengatasi kelemahan filosofis dan operasional.Penerapan epistemologi Islam yang theo-anthropocentrik, menghargai kebenaran empiris, logika, etika, dan transendental, mampu menghasilkan paradigma pendidikan yang holistik.Diperlukan penegasan nilai ilahiah, peran keluarga sebagai sumber awal kebenaran, dan penerapan manajemen Islami untuk mewujudkan pendidikan yang menciptakan manusia sempurna.

Penelitian lanjutan bisa fokus pada pengembangan model pembelajaran holistik berbasis epistemologi Islam yang mengintegrasikan teknologi digital tanpa mengabaikan nilai-nilai transendental. Studi tentang peran keluarga dalam pembentukan karakter Islam melalui pendekatan interdisipliner (kombinasi psikologi, sosiologi, dan teologi) juga relevan. Selain itu, evaluasi kritis terhadap pendekatan manajerial Islami dalam lembaga pendidikan untuk mengukur implementasinya dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan berkeadilan.

File size1.16 MB
Pages27
DMCAReportReport

ads-block-test