RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT

Room of Civil Society DevelopmentRoom of Civil Society Development

Penelitian ini meneliti persimpangan antara platform pendidikan online dan pemberdayaan perempuan melalui pendekatan metode campuran. Penelitian ini membahas masalah disparitas gender dalam pendidikan dengan mengkaji peran teknologi digital dalam mempromosikan pemberdayaan perempuan. Tujuan penelitian adalah untuk menjelajahi secara komprehensif berbagai aspek platform pendidikan online dan dampaknya terhadap pemberdayaan perempuan, dengan fokus pada faktor-faktor yang diteliti, fokus utama penelitian, aspek pemberdayaan perempuan, tujuan kebijakan, dukungan institusional, serta tantangan dalam implementasi kebijakan kesetaraan gender. Metodologi penelitian melibatkan populasi yang terdiri dari mahasiswa, pendidik, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan dalam pendidikan online, dengan ukuran sampel target 160 peserta. Kuesioner survei terstruktur digunakan untuk pengumpulan data, menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif mencakup statistik deskriptif untuk merangkum respons survei, sedangkan interpretasi data kualitatif melibatkan analisis tematik terhadap respons terbuka dan wawancara. Temuan memberikan wawasan mengenai efektivitas program literasi digital, tantangan yang dihadapi, serta dampak intervensi kebijakan terhadap pemberdayaan perempuan. Penelitian ini berkontribusi pada literatur yang ada dengan menawarkan pemahaman komprehensif mengenai dinamika multiaspek antara platform pendidikan online dan pemberdayaan perempuan, dengan implikasi bagi kebijakan, praktik, dan arah penelitian masa depan.

Platform pendidikan online memiliki potensi besar dalam membangun kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan dengan mengatasi berbagai hambatan akses dan partisipasi.Aspek utama yang mempengaruhi keberhasilan ini adalah ketersediaan infrastruktur digital, program literasi digital yang terarah, dan kurikulum yang responsif terhadap gender.Tantangan seperti stereotipe gender, keterbatasan teknologi, dan rendahnya literasi digital perlu diatasi melalui kebijakan yang mendukung serta kolaborasi lintas sektor demi menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana efektivitas platform pendidikan online dalam memberdayakan perempuan dapat dipengaruhi oleh faktor budaya lokal dan tingkat literasi awal peserta didik. Studi longitudinal juga diperlukan untuk melihat dampak jangka panjang dari partisipasi perempuan dalam pendidikan online terhadap mobilitas sosial ekonomi mereka. Selain itu, penelitian mengenai penggunaan teknologi data dalam personalisasi kurikulum perlu dilakukan untuk memahami potensi adaptasi pembelajaran berbasis kebutuhan individu perempuan. Pendekatan interseksional dalam penelitian akan membantu mengungkap pengalaman unik perempuan dari latar belakang beragam. Evaluasi kebijakan yang sudah diterapkan perlu dilakukan untuk merumuskan rekomendasi spesifik bagi pembuat kebijakan dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan online bagi perempuan. Studi komparatif antarnegara juga bisa memberikan kerangka pemahaman yang lebih luas mengenai praktik terbaik dalam pemberdayaan perempuan melalui pendidikan digital.

  1. Exploring Emerging Technologies in Online Medical Education: A Survey of Women's Online University... doi.org/10.59653/jemls.v2i02.650Exploring Emerging Technologies in Online Medical Education A Survey of Womens Online University doi 10 59653 jemls v2i02 650
  2. Challenges and Opportunities of E-Learning for Women's Education in Developing Countries: Insights... doi.org/10.59110/edutrend.310Challenges and Opportunities of E Learning for Womens Education in Developing Countries Insights doi 10 59110 edutrend 310
  3. Evaluating The Impact of E-Learning on Girl’s Education in Afghanistan: A Case study of Samangan... risetpress.com/index.php/ijmars/article/view/368Evaluating The Impact of E Learning on GirlAos Education in Afghanistan A Case study of Samangan risetpress index php ijmars article view 368
  4. Enhancing Internet Safety and Cybersecurity Awareness among Secondary and High School Students in Afghanistan:... doi.org/10.54536/ajet.v2i4.2248Enhancing Internet Safety and Cybersecurity Awareness among Secondary and High School Students in Afghanistan doi 10 54536 ajet v2i4 2248
  1. #pemberdayaan perempuan#pemberdayaan perempuan
File size581.68 KB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test