UPGRISUPGRIS

Advance Sustainable Science, Engineering and TechnologyAdvance Sustainable Science, Engineering and Technology

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan model pembelajaran baru dengan media pembelajaran yang berbeda dan menarik, khususnya dalam pendidikan lempar lembing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan media pembelajaran berbasis Android untuk lempar lembing. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subjek dan lokasi penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Pada penelitian skala kecil, sampel terdiri dari 21 siswa kelas 11, sedangkan pada penelitian skala besar, sampel terdiri dari 272 siswa kelas 11. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner sebagai instrumen. Teknik analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil validasi akhir dari ahli media menunjukkan bahwa semua aspek dinilai Baik dengan skor 78%. Sementara itu, hasil validasi akhir dari ahli materi menunjukkan bahwa semua aspek dinilai Sangat Baik dengan skor 82%. Berdasarkan hasil analisis data pada uji coba skala kecil, diperoleh persentase sebesar 86,17%.

Berdasarkan hasil penelitian dan validasi ahli media serta ahli materi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lempar lembing berbasis Android dengan nama My Javelin Throw layak untuk digunakan.Aplikasi ini menunjukkan kualitas yang sangat baik berdasarkan uji coba skala kecil maupun skala besar.Penggunaan aplikasi ini dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar lempar lembing.

Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan aplikasi My Javelin Throw agar kompatibel dengan berbagai platform, bukan hanya Android, sehingga dapat diakses lebih banyak pengguna. Selain itu, penelitian juga bisa dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan aplikasi ini dalam jangka panjang terhadap peningkatan keterampilan lempar lembing siswa. Terakhir, penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi penambahan fitur interaktif seperti simulasi gerakan atau umpan balik real-time untuk membantu siswa memperbaiki teknik lempar lembing mereka secara mandiri.

  1. "My Javelin Throw" Android-based Javelin Throw Learning Application | Royana | Advance Sustainable... journal.upgris.ac.id/index.php/asset/article/view/16849My Javelin Throw Android based Javelin Throw Learning Application Royana Advance Sustainable journal upgris ac index php asset article view 16849
  2. Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi... doi.org/10.24036/patriot.v3i3.806Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi doi 10 24036 patriot v3i3 806
  3. Roll spin: forehand spin training media in table tennis | Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran.... doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1.12850Roll spin forehand spin training media in table tennis Jurnal SPORTIF Jurnal Penelitian Pembelajaran doi 10 29407 js unpgri v5i1 12850
File size378.43 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test