UPNYKUPNYK
JER (Jurnal Ekonomi Regional)JER (Jurnal Ekonomi Regional)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekonomi digital terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan model OLS (Ordinary Least Square). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari tahun 2010 hingga 2023 yang bersumber dari World Bank, dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Secara simultan, variabel GDP, variabel jumlah pengguna internet, dan jumlah transaksi e-money berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Secara parsial, variabel GDP berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, variabel jumlah pengguna internet berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dan variabel jumlah transaksi e-money tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.
Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dijabarkan diatas maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel GDP, jumlah pengguna internet, dan jumlah transaksi e-money berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.Secara parsial, variabel GDP dan jumlah pengguna internet berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.Namun, variabel jumlah transaksi e-money tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi pengaruh sektor spesifik dalam ekonomi digital terhadap pertumbuhan ekonomi, misalnya bagaimana e-commerce dan media sosial berkontribusi terhadap pendapatan UMKM. Selain itu, penting untuk menganalisis dampak regulasi pemerintah dalam mempengaruhi perkembangan ekonomi digital dan bagaimana hal tersebut dapat mendukung pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Terakhir, penelitian dapat difokuskan pada dampak jangka panjang dari penggunaan teknologi digital di sektor pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan keterampilan tenaga kerja untuk menghadapi tantangan ekonomi digital.
| File size | 465.28 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UHNSUGRIWAUHNSUGRIWA Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa PTIPD Universitas XYZ memiliki aset informasi kritis yaitu sistem iRaise, Audit Mutu Internal,Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa PTIPD Universitas XYZ memiliki aset informasi kritis yaitu sistem iRaise, Audit Mutu Internal,
IPBIPB Data dikumpulkan melalui tinjauan literatur, diskusi kelompok terfokus (FGD), dan wawancara dengan pemangku kepentingan lokal. Perangkat lunak InsightMakerData dikumpulkan melalui tinjauan literatur, diskusi kelompok terfokus (FGD), dan wawancara dengan pemangku kepentingan lokal. Perangkat lunak InsightMaker
UMMUMM Implementasi maqâshid al‑sharia difatwa fatwa kedua kelompok terbukti berjalan sesuai prinsip Sharia, memberikan kontribusi positif bagi produk perbankanImplementasi maqâshid al‑sharia difatwa fatwa kedua kelompok terbukti berjalan sesuai prinsip Sharia, memberikan kontribusi positif bagi produk perbankan
UMMUMM Semua permasalahan ini menghadirkan tantangan bagi hukum digital di Indonesia. Secara umum, kehadiran bisnis pinjaman online (fintech) di Indonesia dianggapSemua permasalahan ini menghadirkan tantangan bagi hukum digital di Indonesia. Secara umum, kehadiran bisnis pinjaman online (fintech) di Indonesia dianggap
Useful /
UHNSUGRIWAUHNSUGRIWA Hasilnya menunjukkan bahwa ada tiga hal yang menjadi perhatian dan empat hal yang berdampak besar: reputasi, produktivitas, keuangan, dan keamanan. EmpatHasilnya menunjukkan bahwa ada tiga hal yang menjadi perhatian dan empat hal yang berdampak besar: reputasi, produktivitas, keuangan, dan keamanan. Empat
IPBIPB Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 5,23 dengan nilai signifikansi 0,00 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antaraBerdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 5,23 dengan nilai signifikansi 0,00 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
IPBIPB Metode yang digunakan adalah studi eksperimen dengan 200 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan pembelajaran berbasisMetode yang digunakan adalah studi eksperimen dengan 200 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan pembelajaran berbasis
UNILAUNILA columnare yang terdiri dari 0, 5, 10, 15, dan 20 ml/polibag dan 3 ulangan. Data dianalisis menggunakan sidik ragam (anova) dan dilanjutkan dengan uji Bedacolumnare yang terdiri dari 0, 5, 10, 15, dan 20 ml/polibag dan 3 ulangan. Data dianalisis menggunakan sidik ragam (anova) dan dilanjutkan dengan uji Beda