MDPMDP
FORDICATEFORDICATEPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SMP Swasta Adhyaksa Ende melalui media gambar visual untuk kelas VII dan VIII. Metode konvensional yang kurang inovatif dan kreatif membuat siswa kurang aktif, tidak fokus, dan bosan. Metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama pendampingan mengajar. Hasil penelitian menunjukkan media gambar visual, khususnya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bergambar, efektif meningkatkan pemahaman siswa pada materi Bumi dan Tata Surya, Struktur Bumi, dan Perkembangannya. Kegiatan ini juga memberikan pengalaman berharga dalam mengaplikasikan teori pembelajaran ke dalam praktik. Media gambar visual terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Sekolah disarankan untuk terus mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif.
Kegiatan asistensi mengajar di SMP Swasta Adhyaksa Ende berhasil menerapkan media visual gambar, khususnya LKPD bergambar, yang efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Bumi dan Tata Surya serta Struktur Bumi dan Perkembangannya.Hasil ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan media visual meningkatkan motivasi dan hasil belajar.Selain itu, pengalaman ini memberi mahasiswa pelajaran praktis dalam merancang pembelajaran inovatif.
Pengujian dampak jangka panjang pada retensi pengetahuan setelah penggunaan media visual gambar dapat dilaksanakan melalui desain penelitian longitudinal yang meneliti apakah pemahaman materi Bumi dan Tata Surya serta Struktur Bumi terus terjaga setelah satu semester atau satu tahun pembelajaran, sehingga dapat dijadikan dasar kebijakan pembelajaran berbasis media visual yang berkelanjutan. Kedua, perbandingan efektivitas media visual interaktif dengan media gambar konvensional dapat dilakukan dengan eksperimen acak terkontrol yang mengukur peningkatan skor penilaian kognitif dan motivasi belajar siswa, sehingga dapat memberikan bukti empiris apakah interaktivitas menambah dampak belajar dibandingkan tampilkan gambar statis di papan tulis digital. Ketiga, mengkaji peran partisipasi siswa dalam pembuatan media pembelajaran sendiri akan meninjau bagaimana proses kolaboratif membentuk rasa kepemilikan dan kreativitas, yang dapat diukur melalui studi kasus kualitatif atau survei antara siswa dan pendidik terkait peningkatan pemahaman konsep setelah terlibat menciptakan ilustrasi dan model fisik, sehingga menilai kemungkinan media co‑creation sebagai strategi alokasi sumber daya dan peningkatan keterampilan berpikir. Penelitian‑penelitian ini diharapkan tidak hanya memperkaya pemahaman teoretis tentang peran media visual dalam pendidikan IPA, tetapi juga dapat memandu pembuatan kebijakan sekolah dan pembuat kurikulum dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana inovatif yang didasarkan pada bukti empiris, sehingga meningkatkan kualitas belajar secara terukur. Dengan pendekatan ini, penelitian lanjutan dapat menghasilkan kerangka kerja evaluatif yang komprehensif, termasuk indikator pencapaian jangka panjang, perbandingan media, dan peran siswa co‑creator, sekaligus memberikan masukan praktis bagi pendidik yang ingin menerapkan media visual gambar secara sistematis dan berkelanjutan.
- PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL GAMBAR MELALUI PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR... jurnal.mdp.ac.id/index.php/fordicate/article/view/11370PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL GAMBAR MELALUI PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR jurnal mdp ac index php fordicate article view 11370
- One moment, please.... moment please wait request verified doi.org/10.46799/jst.v1i5.69One moment please moment please wait request verified doi 10 46799 jst v1i5 69
- Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn | Pedagogi... doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Pedagogi doi 10 56393 pedagogi v1i1 74
| File size | 310.75 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
GOMITGOMIT 2% menjadi 56. 4%, kemungkinan karena tantangan implementasi di lapangan. Temuan ini menyoroti bahwa meskipun pelatihan secara efektif meningkatkan pengetahuan2% menjadi 56. 4%, kemungkinan karena tantangan implementasi di lapangan. Temuan ini menyoroti bahwa meskipun pelatihan secara efektif meningkatkan pengetahuan
CAHAYA ICCAHAYA IC Hasyim Asyari menekankan pembentukan manusia holistik yang mengintegrasikan iman dan pengetahuan, kompetensi ilmiah, ketangguhan mental, dan karakter sosial.Hasyim Asyari menekankan pembentukan manusia holistik yang mengintegrasikan iman dan pengetahuan, kompetensi ilmiah, ketangguhan mental, dan karakter sosial.
MDPMDP Materi pelatihan mencakup pengelolaan konten situs, pengunggahan media, dan pengaturan tampilan dasar website. Peserta dibimbing secara bertahap agar mampuMateri pelatihan mencakup pengelolaan konten situs, pengunggahan media, dan pengaturan tampilan dasar website. Peserta dibimbing secara bertahap agar mampu
MDPMDP Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan aplikasi berbasis web yang mempermudah pendaftaran, verifikasi data, dan koordinasi antara tim kesehatan sertaUntuk mengatasi masalah ini, dikembangkan aplikasi berbasis web yang mempermudah pendaftaran, verifikasi data, dan koordinasi antara tim kesehatan serta
Useful /
CAHAYA ICCAHAYA IC Studi ini menemukan bahwa calon guru sekolah dasar memiliki skor rata-rata yang rendah dalam tes diagnostik sains, serta umpan balik dari orang tua yangStudi ini menemukan bahwa calon guru sekolah dasar memiliki skor rata-rata yang rendah dalam tes diagnostik sains, serta umpan balik dari orang tua yang
GOMITGOMIT Oleh karena itu, layanan pengabdian masyarakat berupa konseling, pemeriksaan ketajaman visual, dan penyediaan kacamata baca dilakukan pada tanggal 2 OktoberOleh karena itu, layanan pengabdian masyarakat berupa konseling, pemeriksaan ketajaman visual, dan penyediaan kacamata baca dilakukan pada tanggal 2 Oktober
GOMITGOMIT Sampel penelitian terdiri atas 26 balita stunting yang menerima makanan tambahan berbasis ikan (PMT) selama 90 hari, yaitu dari September hingga DesemberSampel penelitian terdiri atas 26 balita stunting yang menerima makanan tambahan berbasis ikan (PMT) selama 90 hari, yaitu dari September hingga Desember
GOMITGOMIT The pandemic of the Covid-19 Virus in the past few years has become a major global problem, because everyone can be infected with the virus. This communityThe pandemic of the Covid-19 Virus in the past few years has become a major global problem, because everyone can be infected with the virus. This community