UNDIPUNDIP
Nurse Media Journal of NursingNurse Media Journal of NursingLatar belakang: Ibu hamil pertama kali berisiko mengalami depresi postnatal dan kurangnya dukungan sosial yang dapat mempengaruhi kepuasan hidup mereka. Namun, masih kurangnya penelitian mengenai penerapan program pendidikan antenatal terbimbing untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efek program pendidikan antenatal terbimbing terhadap depresi postnatal, dukungan sosial, dan kepuasan hidup pada ibu hamil pertama kali. Metode: Penelitian quasi-experimental ini melibatkan total 72 ibu hamil pertama kali. Sampling dilakukan dengan convenience sampling tanpa randomisasi. Peserta dibagi sama rata ke dalam kelompok intervensi dan kontrol. Kuesioner self-administrated digunakan untuk pengumpulan data selama masa antenatal (pretest) dan enam minggu setelah melahirkan (posttest). Risiko depresi postnatal diukur menggunakan Skala Depresi Postnatal Edinburgh (EPDS). Selain itu, Skala Multidimensi Dukungan Sosial yang Dirasakan (MSPSS) dan Skala Kepuasan dengan Kehidupan (SWLS) digunakan untuk menilai dukungan sosial dan kepuasan hidup. Kelompok intervensi menerima program pendidikan antenatal terbimbing yang terdiri dari sesi pendidikan antenatal ditambah diskusi tambahan 15 menit dan buku panduan dukungan. Data dianalisis menggunakan uji t berpasangan dan uji t independen. Hasil: Terdapat penurunan signifikan pada skor risiko depresi postnatal di kelompok intervensi (p<0,05) setelah menerima pendidikan antenatal terbimbing dibandingkan kelompok kontrol. Selain itu, terdapat peningkatan yang signifikan pada skor kepuasan hidup (p<0,05) dan skor dukungan sosial (p<0,05) setelah menerima pendidikan antenatal terbimbing pada kelompok intervensi. Kesimpulan: Pendidikan antenatal terbimbing bermanfaat untuk mengurangi risiko depresi postnatal serta meningkatkan dukungan sosial dan kepuasan hidup. Perawat dan bidan harus memberikan integrasi psikoedukasi untuk ibu hamil pertama kali, terutama selama kehamilan.
Program pendidikan antenatal terbimbing berpengaruh positif dalam mengurangi risiko depresi pasca melahirkan serta meningkatkan kepuasan hidup dan dukungan sosial bagi ibu hamil pertama kali.Intervensi ini memberikan manfaat dalam mempersiapkan para ibu muda untuk peran kehidupan sebagai ibu.Integrasi psikoedukasi oleh perawat dan bidan selama masa kehamilan sangat penting untuk kesejahteraan ibu baru.
Penelitian lanjutan perlu dilakukan dengan jumlah sampel yang lebih besar untuk mengeksplorasi secara mendalam hubungan antara dukungan sosial dan kepuasan hidup pada ibu hamil pertama kali, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan antenatal. Selain itu, penelitian selanjutnya juga bisa mengkaji efektivitas dari berbagai bentuk pendekatan dalam pendidikan antenatal seperti pendekatan berbasis kelompok atau pendidikan secara individual, untuk melihat mana yang paling optimal dalam mengurangi risiko depresi postnatal. Terakhir, penelitian yang mengevaluasi dampak jangka panjang dari program pendidikan antenatal terbimbing terhadap kesehatan mental ibu dan perkembangan anak dalam jangka waktu yang lebih lama setelah persalinan akan memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai manfaat dari intervensi tersebut.
- Asian Journal of Social Health and Behavior. asian journal social health behavior doi.org/10.4103/shb.shb_11_19Asian Journal of Social Health and Behavior asian journal social health behavior doi 10 4103 shb shb 11 19
- The mediating role of perceived social support between anxiety symptoms and life satisfaction in pregnant... doi.org/10.1186/s12955-020-01479-wThe mediating role of perceived social support between anxiety symptoms and life satisfaction in pregnant doi 10 1186 s12955 020 01479 w
- The Effect of Peers Support on Postpartum Depression: A Single-Blind Randomized Clinical Trial. effect... doi.org/10.5681/jcs.2013.029The Effect of Peers Support on Postpartum Depression A Single Blind Randomized Clinical Trial effect doi 10 5681 jcs 2013 029
- Effectiveness of a psycho-educational intervention for expecting parents to prevent postpartum parenting... bmcpregnancychildbirth.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12884-020-03341-9Effectiveness of a psycho educational intervention for expecting parents to prevent postpartum parenting bmcpregnancychildbirth biomedcentral articles 10 1186 s12884 020 03341 9
| File size | 285.78 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIPUNDIP Uji validitas dianalisis menggunakan indeks CVR, CVI, dan V Aiken, sedangkan uji reliabilitas antar penilai dianalisis menggunakan Kappa dan persentaseUji validitas dianalisis menggunakan indeks CVR, CVI, dan V Aiken, sedangkan uji reliabilitas antar penilai dianalisis menggunakan Kappa dan persentase
UNDIPUNDIP Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku self-care pasien diabetes melitus dengan penerapan pelatihan self-instructional. Metode: JenisTujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku self-care pasien diabetes melitus dengan penerapan pelatihan self-instructional. Metode: Jenis
UNDIPUNDIP Analisis data melibatkan statistik deskriptif, uji t, ANOVA satu arah, dan korelasi Pearson. Hasil: Mayoritas (58,3%) perawat bersikap netral terhadapAnalisis data melibatkan statistik deskriptif, uji t, ANOVA satu arah, dan korelasi Pearson. Hasil: Mayoritas (58,3%) perawat bersikap netral terhadap
Useful /
UNDIPUNDIP Data dikumpulkan dengan survei online self‑report dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji Chi‑square, Fishers exact, dan regresi logistikData dikumpulkan dengan survei online self‑report dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji Chi‑square, Fishers exact, dan regresi logistik
UNDIPUNDIP Hambatan utama yang dihadapi oleh perawat berupa keterbatasan waktu, ketersediaan informasi, dan penilaian kualitas penelitian menandakan perlunya intervensiHambatan utama yang dihadapi oleh perawat berupa keterbatasan waktu, ketersediaan informasi, dan penilaian kualitas penelitian menandakan perlunya intervensi
UNDIPUNDIP Alur PRISMA dipakai untuk memilih artikel dengan kriteria inklusi dan eksklusi, menghasilkan 17 artikel dari 50 artikel full‑text yang layak. KualitasAlur PRISMA dipakai untuk memilih artikel dengan kriteria inklusi dan eksklusi, menghasilkan 17 artikel dari 50 artikel full‑text yang layak. Kualitas
UNDIPUNDIP Kelompok intervensi (n=30) menerima pesan otomatis harian tambahan untuk meningkatkan praktik perawatan diri, sedangkan kelompok kontrol (n=30) melanjutkanKelompok intervensi (n=30) menerima pesan otomatis harian tambahan untuk meningkatkan praktik perawatan diri, sedangkan kelompok kontrol (n=30) melanjutkan