POLTEKHARBERPOLTEKHARBER

Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis BrainstormingJurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Usaha bakpao ijo yang terletak di kompleks perumahan Taman Asri, desa Milangasri, kecamatan Panekan, kabupaten Magetan merupakan salah satu produk UMKM rumahan yang cukup digemari oleh pecinta jajanan kuliner. Namun, berbagai permasalahan yang dialami dalam produksi maupun pemasaran di era pandemi menyebabkan munculnya ancaman gulung tikar bagi pelaku UMKM. Oleh karena itu, perlunya kontribusi langsung dari pemerintah maupun masyarakat dalam memulihkan UMKM. Melihat potensi serta asset yang sudah dimiliki, maka digitalisasi marketing sebagai salah satu solusi dalam upaya mengatasi permasalahan yang dialami penjual dalam memasarkan produk dagangannya ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang diharapkan mampu menjadi harapan baru bagi pelaku usaha UMKM untuk tetap bertahan ini perlu dilaksanakan.

UMKM bakpo ijo KPR Taman Asri yang beralamat di RT.04, Desa Milangasri, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, merupakan salah satu usaha jajanan kuliner rumahan yang ada di kabupaten magetan.Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang ada sebagai bentuk kepedualian pengabdi dalam upaya memcahkan masalah yang dialami owner UMKM bakpao ijo dalam menjalankan usahanya.Pengembangan UMKM (bakpao ijo) belum terealisasi dengan sempurna, dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia yang dimiliki maupun faktor lain yang juga mempengaruhi.Tujuan dari pengabdian yang diterapkan pada UMKM (bakpao ijo) adalah untuk mengembangkan UMKM (bakpao ijo) KPR Taman Asri agar kedepannya memiliki pangsa pasar yang luas serta peminat yang banyak khususnya tidak hanya di daerah KPR Taman Asri saja serta mempertahankan eksistensinya dalam fenomena wabah pandemi yang terjadi.Keseluruhan program kegiatan yang dirancang oleh pengabdi terlaksana dengan baik dan menciptakan hasil yang cukup memuaskan, antara lain.Ketercapaian tujuan pengabdian yang diterapkan pada UMKM (bakpo ijo) KPR Taman Asri, Keberhasilan pembuatan branding produk, dan Peningkatan hasil penjualan mingguan bakpao ijo KPR Taman Asri.

Berdasarkan hasil penelitian dan evaluasi, disarankan untuk melakukan sosialisasi digitalisasi marketing kepada semua pelaku UMKM yang ada. Selain itu, perlu ada upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya berwirausaha dan mengembangkan usaha mereka. Hal ini dapat dilakukan melalui konsep kegiatan webinar yang memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang strategi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital, terutama di masa pandemi Covid-19. Selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan tentang pengembangan pemasaran UMKM dengan memanfaatkan digital marketing. Penelitian ini dapat fokus pada aspek-aspek seperti pembuatan packaging, logo, dan media sosial yang dapat membantu UMKM menarik minat pembeli dan memanfaatkan hasil penelitian secara maksimal. Terakhir, penting untuk terus mengembangkan dan memperbaiki sistem kerja serta produksi usaha bakpao ijo agar dapat berkontribusi dalam mengembangkan ekonomi domestik dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar.

  1. Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing | Sasongko... jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENGABDIAN_IPTEKS/article/view/3943Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing Sasongko jurnal unmuhjember ac index php PENGABDIAN IPTEKS article view 3943
  1. #sektor usaha umkm#sektor usaha umkm
  2. #strategi pengembangan umkm#strategi pengembangan umkm
Read online
File size736.33 KB
Pages10
DMCAReport

Related /

ads-block-test