UNUDUNUD
Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies)Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies)Dengan berbagai daya tarik wisata, kawasan Gianyar di Bali memiliki banyak tanda luar ruang yang berkontribusi pada lingkungan bahasa yang kompleks. Penelitian ini mengeksplorasi pola lingkungan bahasa dan tipologi teks menggunakan metode penelitian kualitatif berdasarkan observasi, catatan, dan fotografi. Analisis mengikuti kerangka kerja lingkungan bahasa Landry dan Bourhis (1997) serta tipologi teks multibahasa Reh (2004). Temuan menunjukkan bahwa lingkungan bahasa Gianyar terbagi menjadi kategori budaya, desa, museum, alam, dan buatan manusia. Pola tanda luar ruang diklasifikasikan sebagai atas-bawah dan bawah-atas. Tanda atas-bawah dominan menggunakan tipologi teks duplikasi dan fragmentasi, sementara tanda bawah-atas mencakup duplikasi, fragmentasi, dan overlaping. Temuan ini meningkatkan pemahaman tentang lingkungan bahasa Gianyar, memberikan wawasan tentang lingkungan multibahasa, terutama di ruang publik dan destinasi wisata.
Penelitian ini menemukan bahwa lingkungan bahasa di Gianyar terbagi menjadi lima kategori, yaitu budaya, alam, desa, museum, dan buatan manusia.Pola lingkungan bahasa atas-bawah dan bawah-atas ditemukan di semua kategori.Tanda atas-bawah dominan dalam kategori museum, sementara tanda bawah-atas paling dominan dalam kategori buatan manusia.Temuan ini menunjukkan peran penting bahasa Inggris dalam lingkungan multibahasa Gianyar dan pentingnya kebijakan bahasa dalam mempertahankan identitas lokal.
1. Bagaimana pengaruh media sosial terhadap dinamika lingkungan bahasa di Gianyar? 2. Bagaimana peran komunitas lokal dalam mempertahankan bahasa Bali pada tanda luar ruang? 3. Apa perbedaan dinamika lingkungan bahasa antara kawasan wisata perkotaan dan pedesaan di Bali? Penelitian ini dapat menggali aspek semiotik dan dampak kebijakan pariwisata terhadap lingkungan bahasa, serta mengembangkan pendekatan kualitatif untuk memahami peran bahasa dalam ruang publik.
- Linguistic Landscape in the Tourist Area, Lembang Bandung, Indonesia | Mubarok | World Journal of English... sciedupress.com/journal/index.php/wjel/article/view/25120Linguistic Landscape in the Tourist Area Lembang Bandung Indonesia Mubarok World Journal of English sciedupress journal index php wjel article view 25120
- DOI Name 10.4108 Values. name values home handbook factsheets faqs resources users members area index... doi.org/10.4108DOI Name 10 4108 Values name values home handbook factsheets faqs resources users members area index doi 10 4108
- Duplication, Fragmentation, and Overlapping: Linguistic Landscape Dynamics of Tourist Attractions in... doi.org/10.24843/JKB.2025.v15.i01.p14Duplication Fragmentation and Overlapping Linguistic Landscape Dynamics of Tourist Attractions in doi 10 24843 JKB 2025 v15 i01 p14
- Home Page. home page foundation profit organization govern digital object identifier system behalf agencies... Doi.OrgHome Page home page foundation profit organization govern digital object identifier system behalf agencies Doi Org
| File size | 2.02 MB |
| Pages | 30 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penanaman nilai-nilai multikultural dalam buku pelajaran Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah PertamaPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis penanaman nilai-nilai multikultural dalam buku pelajaran Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Pertama
UTMUTM Praktik seperti diskusi kelompok dan proyek berbasis masalah merupakan manifestasi dari konsep zona perkembangan proksimal Vygotsky, di mana siswa belajarPraktik seperti diskusi kelompok dan proyek berbasis masalah merupakan manifestasi dari konsep zona perkembangan proksimal Vygotsky, di mana siswa belajar
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli yang dikumpulkanMetode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli yang dikumpulkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Simpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan sumber daya pembelajaran yang adaptif dan interaktif, serta implikasinya terhadap peningkatanSimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan sumber daya pembelajaran yang adaptif dan interaktif, serta implikasinya terhadap peningkatan
Useful /
UTMUTM Platform seperti Google Classroom, Edmodo, dan Zoom memungkinkan siswa dari berbagai latar belakang untuk belajar bersama secara virtual, tanpa terbatasPlatform seperti Google Classroom, Edmodo, dan Zoom memungkinkan siswa dari berbagai latar belakang untuk belajar bersama secara virtual, tanpa terbatas
UTMUTM Hakikat pendidikan sebagai sarana untuk memahami dan menghargai keberagaman budaya dalam fitrah manusia. Dalam era globalisasi, pendidikan tidak hanyaHakikat pendidikan sebagai sarana untuk memahami dan menghargai keberagaman budaya dalam fitrah manusia. Dalam era globalisasi, pendidikan tidak hanya
UNDIKSHAUNDIKSHA Emotional intelligence yang tinggi memungkinkan siswa mengatasi tekanan belajar serta mengurangi kebosanan, yang pada gilirannya meningkatkan prestasiEmotional intelligence yang tinggi memungkinkan siswa mengatasi tekanan belajar serta mengurangi kebosanan, yang pada gilirannya meningkatkan prestasi
UNDIKSHAUNDIKSHA Akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan sub sektor makanan dan minuman belum mampu meningkatkan kinerja keuangan secara signifikan. Perusahaan perlu mengevaluasiAkuisisi yang dilakukan oleh perusahaan sub sektor makanan dan minuman belum mampu meningkatkan kinerja keuangan secara signifikan. Perusahaan perlu mengevaluasi