PKTJPKTJ
Jurnal Abdimas TransjayaJurnal Abdimas TransjayaPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Sistem Manajemen Keselamatan (SMK) di PT Bina Bersama Sejahtera serta merancang program pelatihan yang komprehensif untuk meningkatkan kompetensi pengemudi dan mekanik. Penelitian dilakukan melalui survei, observasi lapangan, wawancara, dan analisis data. Dibuat matriks identifikasi risiko sebagai dasar untuk menentukan kebutuhan pelatihan terkait manajemen bahaya, investigasi kecelakaan, tanggap darurat, penanganan kebakaran, keselamatan berkendara, dan audit internal SMK. Berdasarkan temuan tersebut, dirumuskan rencana jadwal pelatihan dan formulir evaluasi kompetensi. Kerangka pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan kerja, mengurangi risiko kecelakaan, serta mendukung perbaikan berkelanjutan pada kinerja keselamatan perusahaan. Penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam strategi implementasi SMK di perusahaan angkutan, khususnya dalam pengembangan program pelatihan SDM.
Pelatihan merupakan komponen esensial dalam mendukung Sistem Manajemen Keselamatan di PT.Bina Bersama Sejahtera, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi karyawan.Rancangan prosedur peningkatan kompetensi dan pelatihan disusun berdasarkan PM 85 Tahun 2018 dan literatur terkait, dengan fokus pada mengatasi kendala yang teridentifikasi selama praktik kerja lapangan.Melalui identifikasi kebutuhan pelatihan yang didasarkan pada matriks bahaya dan risiko, perusahaan mampu menyusun rencana pelatihan yang matang dan tepat sasaran.
Berdasarkan hasil penelitian, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengukur dampak jangka panjang dari pelatihan keselamatan terhadap penurunan angka kecelakaan dan peningkatan kinerja keselamatan secara keseluruhan di PT. Bina Bersama Sejahtera. Kedua, perlu dilakukan studi komparatif antara PT. Bina Bersama Sejahtera dengan perusahaan transportasi lain yang telah menerapkan SMK secara matang untuk mengidentifikasi praktik terbaik dan area yang perlu ditingkatkan. Ketiga, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan metode pelatihan keselamatan yang lebih inovatif dan interaktif, seperti penggunaan simulasi virtual reality atau gamifikasi, untuk meningkatkan tingkat partisipasi dan efektivitas pelatihan bagi pengemudi dan mekanik. Dengan demikian, penelitian-penelitian lanjutan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan budaya keselamatan dan kinerja operasional di sektor transportasi.
| File size | 167.93 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
PKTJPKTJ Program ini mempresentasikan paradigma baru pengembangan pariwisata yang mengintegrasikan layanan transportasi dengan strategi pengembangan pariwisataProgram ini mempresentasikan paradigma baru pengembangan pariwisata yang mengintegrasikan layanan transportasi dengan strategi pengembangan pariwisata
PKTJPKTJ Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang direkomendasikan diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasional perusahaan. PenelitianPenerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang direkomendasikan diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasional perusahaan. Penelitian
UNISMUHUNISMUH Penerbitan sertifikat hak atas tanah di laut yang cacat secara administrasi dan hukum dapat dibatalkan. Pembatalan sertifikat dapat dilakukan melalui prosesPenerbitan sertifikat hak atas tanah di laut yang cacat secara administrasi dan hukum dapat dibatalkan. Pembatalan sertifikat dapat dilakukan melalui proses
UNIMALUNIMAL Pengurutan berdasarkan skor mentah menyoroti bahwa spesifikasi “sumber daya mudah ditemukan dan “spare part tersedia di pasar menempati urutan teratas.Pengurutan berdasarkan skor mentah menyoroti bahwa spesifikasi “sumber daya mudah ditemukan dan “spare part tersedia di pasar menempati urutan teratas.
Useful /
UNIMALUNIMAL PLN, hal ini disebabkan penurunan tegangan pada sistem distribusi tidak sampai 10% dari nominal 20 kV. Sedangkan hasil simulasi hubung singkat, nilai arusPLN, hal ini disebabkan penurunan tegangan pada sistem distribusi tidak sampai 10% dari nominal 20 kV. Sedangkan hasil simulasi hubung singkat, nilai arus
UNIMALUNIMAL Hasil audit tata kelola teknologi informasi berdasarkan COBIT 5 di domain DSS secara rata-rata berada pada 2,2 (proses terkelola) hingga 2,6 (proses terbentuk).Hasil audit tata kelola teknologi informasi berdasarkan COBIT 5 di domain DSS secara rata-rata berada pada 2,2 (proses terkelola) hingga 2,6 (proses terbentuk).
UNUSAUNUSA Tikus dibagi secara acak menjadi enam kelompok, masing-masing berisi lima ekor. Kelompok 1 terdiri dari tikus normal (N) dan kelompok 2, tikus T2DM, yangTikus dibagi secara acak menjadi enam kelompok, masing-masing berisi lima ekor. Kelompok 1 terdiri dari tikus normal (N) dan kelompok 2, tikus T2DM, yang
PUSKOMCERIAPUSKOMCERIA Penelitian ini menggunakan 25 tikus Wistar jantan yang dibagi menjadi kelompok kontrol negatif (diet normal), kontrol positif (HFD), dan tiga kelompokPenelitian ini menggunakan 25 tikus Wistar jantan yang dibagi menjadi kelompok kontrol negatif (diet normal), kontrol positif (HFD), dan tiga kelompok