IAESCOREIAESCORE

International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE)International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE)

Dalam paper ini, sebuah algoritma telah dikembangkan untuk mengontrol sikap satelit di orbit dengan tujuan mengurangi konsumsi bahan bakar dan meningkatkan umur pakai satelit. Karena operasinya yang tepat dan sederhana, pengendali fuzzy digunakan untuk penghematan bahan bakar serta analisis ketidakpastian dan nonlinearitas sistem kontrol satelit. Algoritma kontrol yang diajukan memiliki tingkat reliabilitas tinggi saat menghadapi gangguan yang tidak diinginkan dengan mempertimbangkan keterbatasan satelit. Pengendali dirancang berdasarkan model dinamis satelit Takagi-Sugeno, yaitu alat yang ampuh untuk pemodelan sistem nonlinear. Chattering yang melekat pada pengendali on-off menghasilkan limit cycle dengan amplitudo frekuensi rendah. Hal ini meningkatkan kesalahan sistem dan memaksimalkan konsumsi bahan bakar satelit. Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) digunakan untuk meminimalkan kesalahan sistem. Hasil simulasi satelit menunjukkan kinerja tinggi dari pengendali fuzzy on-off dengan algoritma yang diajukan.

Algoritma pengendali fuzzy on-off telah diperkenalkan dan disimulasikan.Pengendali ini dipasang pada sistem nonlinear satelit dan model Takagi-Sugeno dengan tiga derajat kebebasan.Hasil simulasi menunjukkan bahwa algoritma kontrol fuzzy on-off yang diajukan memiliki resistensi yang baik terhadap gangguan dan membuat sistem menjadi stabil.Algoritma Particle Swarm digunakan untuk mengoptimalkan sistem fuzzy dan mengurangi amplitudo osilasi limit cycle, yang pada gilirannya meningkatkan konsumsi bahan bakar dan mengurangi umur satelit.Algoritma ini memiliki tingkat konvergensi yang tinggi serta membutuhkan lebih sedikit parameter untuk penyetelan.Berdasarkan hasilnya, pengendali dapat menyelesaikan pelacakan tanpa kesalahan keadaan tunak menggunakan algoritma optimasi.Amplitudo osilasi keluaran jauh lebih kecil dibandingkan pengendali lainnya.Waktu peredaman sistem dan konsumsi daya thruster juga berkurang dengan menggunakan algoritma ini.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi penerapan algoritma fuzzy pada sistem kontrol satelit dengan mempertimbangkan berbagai jenis gangguan lingkungan luar angkasa untuk meningkatkan ketahanan sistem. Selain itu, studi komparatif antara metode optimisasi lain seperti algoritma genetika atau teknik optimisasi modern lainnya dengan PSO dalam penyetelan parameter kontrol fuzzy perlu dilakukan untuk menentukan metode terbaik dalam mengurangi limit cycle. Pengembangan model fuzzy yang lebih adaptif dan mampu belajar dari kondisi operasional secara real-time juga merupakan area penelitian potensial yang dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi kontrol satelit.

File size534.81 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test