UNISTIUNISTI

JURNAL EKOBIS Kajian Ekonomi dan BisnisJURNAL EKOBIS Kajian Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap PT. Pegadaian Palembang Cabang Taman Bukit Siguntang Unit. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan pengisian kuesioner. Sampel penelitian menggunakan sampel insidental sebanyak 100 responden dari total populasi 1316. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan indikator Quick Completion, Kelengkapan Fasilitas, Reputasi dan Image Perusahaan, Employee Friendliness, Kebersihan Ruangan, Employee Responsiveness, Memahami Kebutuhan Pelanggan, dan Warranty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perusahaan sejalan dengan harapan konsumen, yang berarti PT Pegadaian Palembang Cabang Taman Bukit Siguntang cukup memuaskan pelanggan. Namun, terdapat beberapa area yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan, seperti kelengkapan fasilitas, keramahan karyawan, dan responsivitas karyawan.

Berdasarkan analisis indeks kepuasan pelanggan (IKP), dapat disimpulkan bahwa secara umum kinerja perusahaan telah memenuhi harapan konsumen pada beberapa atribut.Namun, ada beberapa area yang perlu perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan, seperti kelengkapan fasilitas, keramahan pegawai, dan daya tanggap karyawan.Perusahaan perlu melakukan pemantauan dan evaluasi berkala terhadap tingkat kepuasan pelanggan serta melakukan perbaikan secara berkelanjutan.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap keramahan karyawan, misalnya melalui analisis mendalam terhadap pelatihan yang diberikan kepada karyawan. Selain itu, penelitian dapat dilakukan untuk mengukur dampak inovasi layanan digital terhadap kepuasan konsumen, mengingat perkembangan teknologi yang pesat. Terakhir, penelitian kuantitatif dengan skala sampel yang lebih besar dapat dilakukan untuk menguji validitas hasil penelitian ini dan memperluas cakupan analisis ke wilayah lain di bawah naungan PT Pegadaian.

File size1.04 MB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test