UNISTIUNISTI

JURNAL EKOBIS Kajian Ekonomi dan BisnisJURNAL EKOBIS Kajian Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Data primer diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada 51 responden yang berbelanja di aplikasi Lazada atau memiliki aplikasi Lazada. Indikator yang digunakan berasal dari penelitian, yaitu dimensi Kepercayaan (X1), Kemudahan (X2) dan Keputusan Pembelian (Y). Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh variabel Kepercayaan (X1) sebesar 0,555 dan Kemudahan (X2) sebesar 0,408. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel X (Kepercayaan dan Kemudahan) memiliki pengaruh searah terhadap variabel Y (Keputusan Pembelian). Dari hasil uji hipotesis, yaitu pengaruh variabel Kepercayaan (X1) dan Kemudahan (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y), nilai sig = 0,000, karena nilai sig = 0,000 <0,05 berarti terdapat .

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online di aplikasi Lazada.Hal ini menunjukkan bahwa konsumen lebih cenderung melakukan pembelian jika mereka merasa percaya terhadap aplikasi tersebut.Selain itu, kemudahan dalam menggunakan aplikasi juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online di Lazada.Kepercayaan (X1) dan kemudahan (X2) secara bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) di aplikasi Lazada.Artinya, faktor-faktor tersebut bekerja secara bersamaan untuk mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian.

Berdasarkan latar belakang, metode, hasil, keterbatasan, dan saran penelitian lanjutan, berikut adalah beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan: Pertama, penelitian selanjutnya dapat meneliti pengaruh faktor lain seperti kualitas layanan pelanggan dan promosi terhadap keputusan pembelian online di Lazada, dengan tujuan untuk memahami lebih dalam faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen. Kedua, penelitian dapat dilakukan dengan melibatkan responden dari berbagai demografi dan tingkat pendapatan untuk melihat apakah terdapat perbedaan pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian. Ketiga, penelitian dapat mengkaji dampak penggunaan fitur-fitur baru di aplikasi Lazada, seperti personalisasi rekomendasi produk, terhadap peningkatan kepercayaan dan kemudahan dalam berbelanja, sehingga dapat memberikan wawasan bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan menggabungkan ketiga saran ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang perilaku konsumen dalam berbelanja online di Lazada, serta memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi pengembang aplikasi dan pelaku bisnis e-commerce lainnya untuk meningkatkan daya saing dan kepuasan pelanggan.

File size783.33 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test