UHNSUGRIWAUHNSUGRIWA

Journal Informatics NiveditaJournal Informatics Nivedita

Pemanfaatan teknologi informasi di lingkungan organisasi membawa dampak signifikan pada efektivitas operasional dan performa bisnis. Salah satunya Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PUSYANRA) Lancang Kuning yang merupakan unit pelayanan yang dibentuk oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Riau yang telah menerapkan Teknologi Informasi pada pelaksanaannya berbentuk Sistem Informasi Keluargaku.or.id. Namun demikian, untuk mencapai hasil yang optimal, pengelolaan hubungan antara penyedia layanan dan pengguna perlu dikelola dengan lebih baik. Salah satunya terdapat gangguan teknis yang sering terjadi pada fitur konseling online, seperti gagal terhubung dengan konselor atau halaman yang tidak dapat diakses, Hal ini mengindikasikan ketidakefektifan pengelolaan hubungan pengguna penyedia layanan dan juga Website tidak menyampaikan secara transparan standar layanan digital yang menyebabkan ketidakpastian bagi pengguna. Melalui audit tata kelola teknologi informasi dengan menggunakan framework COBIT 2019 domain APO08 (Manage Relationship) & APO09 (Manage Service Agreements), dapat dievaluasi pengelolaan hubungan dengan para pemangku kepentingan dan pengelolaan perjanjian layanan berjalan dalam sistem Keluargaku.or.id. Hasil pengukuran pada APO08 & APO09 mencapai 78,5 % pada capability level 3 dengan status Largely Achieved atau tercapai sebagian artinya aktivitas proses sudah mencapai tujuan nya proses melakukan sejumlah aktivitas yang dasar tetapi belum lengkap. Dengan hasil ini kedua objective Proses ini memerlukan perbaikan berdasarkan rekomendasi yang disusun berdasarkan gap analysis untuk mencapai capabilitas yang diharapkan.

Penelitian ini mengkaji tata kelola TI pada sistem Keluargaku.id dengan memanfaatkan framework COBIT 2019, domain APO08 (Manage Relationship) dan APO09 (Manage Service Agreement), sesuai dengan hasil pembahasan yang telah dijabarkan.Hasil audit menunjukkan bahwa kedua domain mencapai tingkat kemampuan (capability level) 3 dengan persentase 78,5% (status Largely Achieved), mengindikasikan bahwa proses telah berjalan tetapi belum optimal.Analisis gap mengidentifikasi kebutuhan perbaikan, terutama dalam standarisasi dokumentasi, monitoring kinerja, dan inovasi layanan.Rekomendasi yang diberikan meliputi penguatan SOP, peningkatan sistem pelaporan berbasis data, serta integrasi teknologi untuk meningkatkan kualitas layanan dan hubungan dengan pemangku kepentingan.Dengan implementasi rekomendasi ini, diharapkan tata kelola TI sistem Keluargaku.id dapat mencapai tingkat kematangan yang lebih tinggi dan mendukung tujuan organisasi secara efektif.

Dalam penelitian selanjutnya, dapat dipertimbangkan untuk mengeksplorasi bagaimana implementasi sistem pelatihan bagi pengguna dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dalam menggunakan platform Keluargaku.or.id. Selain itu, penelitian lanjutan dapat merumuskan metodologi evaluasi yang lebih mendalam untuk mengukur dampak dari peningkatan teknologi pada efisiensi operasional di BKKBN Provinsi Riau. Pertanyaan penelitian mengenai bagaimana integrasi teknologi baru seperti chatbot dapat meningkatkan interaksi pengguna dengan pelayanan juga merupakan area studi yang menarik untuk diteliti.

  1. Pengukuran Capability Level Kualitas Layanan E-Government Kabupaten Pamekasan Menggunakan Framework COBIT... ojs.unpkediri.ac.id/index.php/intensif/article/view/12659Pengukuran Capability Level Kualitas Layanan E Government Kabupaten Pamekasan Menggunakan Framework COBIT ojs unpkediri ac index php intensif article view 12659
  2. Evaluasi Manajemen Risiko TI Pada Perguruan Tinggi XYZ Menggunakan Framework Cobit 2019 Domain APO12... ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/nivedita/article/view/4385Evaluasi Manajemen Risiko TI Pada Perguruan Tinggi XYZ Menggunakan Framework Cobit 2019 Domain APO12 ojs uhnsugriwa ac index php nivedita article view 4385
  3. PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 2019 PADA PT.X | JATISI. perancangan tata... doi.org/10.35957/jatisi.v9i2.2115PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 2019 PADA PT X JATISI perancangan tata doi 10 35957 jatisi v9i2 2115
  4. An INFORMATION TECHNOLOGY GOVERNANCE AUDIT PLANNING CALIBRATION LABORATORY USING COBIT 2019 | JURNAL... ejurnal.umri.ac.id/index.php/JIK/article/view/2272An INFORMATION TECHNOLOGY GOVERNANCE AUDIT PLANNING CALIBRATION LABORATORY USING COBIT 2019 JURNAL ejurnal umri ac index php JIK article view 2272
File size406.1 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test