IRPIIRPI

MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer ScienceMALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah nilai yang diberikan dan kualitas layanan elektronik mempengaruhi loyalitas dan kepuasan e-customer. Seluruh pengguna platform pendidikan merupakan populasi yang diteliti. Dalam survei ini, teknik pengambilan sampel non-probabilitas digunakan. 100 sampel digunakan dalam penelitian ini. Kuesioner adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Partial least squares (PLS) adalah metode statistik yang digunakan dengan dukungan SmartPLS. Beberapa kesimpulan diambil dari penelitian ini, termasuk: Kepuasan pelanggan dipengaruhi langsung oleh kualitas layanan elektronik. Kepuasan pelanggan elektronik dipengaruhi langsung oleh nilai yang dirasakan. Loyalitas pelanggan elektronik dipengaruhi langsung oleh kualitas layanan elektronik. Loyalitas pelanggan elektronik dipengaruhi langsung oleh nilai yang dirasakan. Loyalitas pelanggan dipengaruhi langsung oleh kepuasan pelanggan elektronik. Melalui kepuasan pelanggan elektronik, kualitas layanan elektronik mempengaruhi loyalitas pelanggan elektronik secara tidak langsung. Berkat kepuasan pelanggan elektronik, nilai yang dirasakan mempengaruhi loyalitas pelanggan elektronik secara tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan dan loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh sejauh mana mereka merasakan nilai positif saat menggunakan layanan platform pendidikan untuk memenuhi kebutuhan belajar mereka.

Kualitas layanan elektronik memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan, sesuai dengan temuan penelitian.Ketika menggunakan layanan elektronik di platform pendidikan seperti situs pembelajaran daring, kepuasan konsumen akan meningkat sebanding dengan kualitas layanan elektronik yang diberikan kepada mereka.Kepuasan pelanggan elektronik juga dipengaruhi langsung oleh nilai yang dirasakan.Ini menunjukkan bahwa layanan dari platform pendidikan memenuhi standar kualitas yang dapat diterima oleh pelanggan.Sehingga, persepsi responden secara keseluruhan positif dan dapat mendorong tingkat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.Kualitas layanan elektronik berpengaruh langsung pada loyalitas pelanggan elektronik.Jika layanan elektronik memiliki kualitas yang lebih baik, pelanggan cenderung akan tetap loyal pada platform pendidikan tersebut.

Arah penelitian selanjutnya dapat fokus pada peran kualitas layanan pemulihan elektronik dalam menjaga kepuasan pelanggan yang sudah ada. Penelitian juga bisa menggali lebih dalam mengenai bagaimana e-CRM dapat meningkatkan interaksi pelanggan dan loyalitas di platform pendidikan yang berkembang. Selain itu, penting untuk mempertimbangkan inovasi dalam pengalaman pengguna dengan menambahkan fitur baru dan mengikuti tren terkini dalam teknologi edukasi. Dengan pendekatan ini, diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan platform pendidikan dalam jangka panjang.

  1. ejournal-feuniat.net. ejournal feuniat domain jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/240ejournal feuniat ejournal feuniat domain jrmb ejournal feuniat index php JRMB article view 240
  2. Analysis of The Influence of Electronic Customer Satisfaction, Application Perceived Value and Electronic... doi.org/10.57152/malcom.v4i1.1028Analysis of The Influence of Electronic Customer Satisfaction Application Perceived Value and Electronic doi 10 57152 malcom v4i1 1028
File size265.43 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test