IRPIIRPI

MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer ScienceMALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science

Penelitian ini mengevaluasi kinerja E-Government di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang, dengan fokus pada implementasi Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Online (SIPPERI). Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi layanan informasi kepada masyarakat dan pelaku usaha. Metode evaluasi menggunakan Indeks Layanan Publik Elektronik sebagai Standar Benchmarking. Hasil evaluasi menghasilkan nilai indeks e‑Service sebesar 3,310 dengan Predikat Sangat Baik. Meskipun demikian, masih diperlukan perbaikan pada tiga dimensi dengan nilai terendah, yaitu interaksi (SI) dengan nilai 0,424, pelayanan (CS) dengan nilai 0,453, dan kepercayaan (T) dengan nilai 0,477. Penerapan website SIPPERI memberikan kontribusi positif dan evaluasi ini menjadi dasar untuk perbaikan yang mendukung pertumbuhan sektor penanaman modal dan interaksi pemerintah di Kota Palembang, sejalan dengan Standar Benchmarking Layanan Publik.

Evaluasi kinerja E‑Government dengan Indeks Layanan Publik Elektronik menghasilkan nilai e‑Service 3,310, yang termasuk dalam predikat Sangat Baik, menunjukkan bahwa aspek efisiensi, kepercayaan, keandalan, pelayanan, kemudahan, ketersediaan informasi, dan interaksi telah memenuhi harapan pengguna.Implementasi layanan publik berbasis elektronik di DPMPTSP Kota Palembang terbukti efektif dan efisien.Namun, perlu perbaikan pada tiga dimensi dengan skor terendah, yaitu interaksi (SI), pelayanan (CS), dan kepercayaan (T).

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi persepsi pengguna terhadap kepercayaan dan kepuasan layanan e‑Government melalui wawancara mendalam, sehingga faktor-faktor penyebab skor kepercayaan rendah dapat diidentifikasi secara kualitatif. Selain itu, perlu dikembangkan dan diuji modul interaktif yang ditingkatkan pada platform SIPPERI dengan pendekatan desain berpusat pada pengguna, kemudian dilakukan eksperimen A/B untuk mengevaluasi peningkatan skor interaksi serta kepuasan pengguna. Selanjutnya, sebuah studi longitudinal yang melibatkan beberapa kota dapat dilakukan untuk membandingkan perkembangan indeks e‑Service selama periode waktu tertentu, sehingga dapat menilai dampak kebijakan dan pembaruan teknologi terhadap kinerja e‑Government secara lebih komprehensif.

  1. Examining Cronbach Alpha, Theta, Omega Reliability Coefficients According to Sample Size | Journal of... doi.org/10.22237/jmasm/1177993560Examining Cronbach Alpha Theta Omega Reliability Coefficients According to Sample Size Journal of doi 10 22237 jmasm 1177993560
  2. Building a Weighted Performance Indicator Concept Utilized The Respondent’s Opinion Approach |... researchsquare.com/article/rs-178466/v1Building a Weighted Performance Indicator Concept Utilized The RespondentAos Opinion Approach researchsquare article rs 178466 v1
  1. #indeks layanan publik elektronik#indeks layanan publik elektronik
File size305.56 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test