UNISTIUNISTI

JURNAL EKOBIS Kajian Ekonomi dan BisnisJURNAL EKOBIS Kajian Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Unit Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Kayuagung. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit Kayuagung. Objek penelitian dilaksanakan pada instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Kayuagung dengan sampel sebanyak 97 responden yang merupakan pasien yang pernah dirawat di IGD RSUD Kayuagung. Metode penelitian menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan teknik simple random sampling. Analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji t, koefisien determinasi, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, terbukti dari nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (5,484 > 1,661) dengan signifikansi (0,000 < 0,05). Koefisien determinasi sebesar 23,2%.

Penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di IGD RSUD Kayuagung (t‑hitung = 5,484 > t‑tabel = 1,661.Namun, koefisien determinasi hanya 23,2%, menandakan bahwa sebagian besar variasi kepuasan dipengaruhi faktor lain seperti pengalaman staf.Oleh karena itu, peningkatan kualitas pelayanan perlu dipadukan dengan perbaikan aspek lain untuk meningkatkan kepuasan pasien.

Penelitian selanjutnya dapat menguji sejauh mana program edukasi pra‑kunjungan bagi pasien IGD memengaruhi persepsi kepuasan mereka, dengan membandingkan kelompok yang menerima materi informasi tentang prosedur darurat versus yang tidak. Selanjutnya, studi dapat menilai pengaruh penerapan rekam medis digital pada kecepatan pelayanan dan kepuasan pasien, mengukur apakah integrasi teknologi informasi memperpendek waktu tunggu dan meningkatkan akurasi layanan. Selain itu, penting untuk menyelidiki hubungan antara beban kerja tenaga medis, tingkat kelelahan (burnout), dan kualitas pelayanan di IGD, sehingga dapat diidentifikasi faktor‑faktor psikologis yang berkontribusi pada kepuasan pasien. Penelitian tersebut sebaiknya menggunakan desain longitudinal dengan sampel multisentra untuk memperoleh generalisasi hasil pada rumah sakit dengan karakteristik berbeda. Akhirnya, analisis multivariat dapat membantu mengisolasi kontribusi masing‑masing variabel tersebut, memberikan rekomendasi kebijakan berbasis bukti bagi manajemen rumah sakit.

  1. #rekam medis pasien#rekam medis pasien
  2. #kepuasan pasien#kepuasan pasien
File size858.1 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test