ILOMATAILOMATA
Ilomata International Journal of Tax and AccountingIlomata International Journal of Tax and AccountingKlinik pajak merupakan program yang diinisiasi oleh Pusat Pajak PKN STAN bekerja sama dengan KPP Pratama Pondok Aren sejak 2023. Program ini dijalankan oleh relawan mahasiswa yang membantu wajib pajak. Meskipun layanan berbasiskan relawan semakin umum di institusi pendidikan, penelitian evaluasi kualitas layanan program tersebut masih terbatas di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kualitas layanan yang diberikan relawan klinik pajak PKN STAN menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dianalisis melalui skoring rata-rata dan metode analisis kualitas layanan (SQ). Hasil menunjukkan skor kualitas layanan rata-rata di atas 4 dari skala 5, tetapi terdapat celah kualitas layanan negatif (-0,02), yang mengindikasikan adanya kekurangan dalam memenuhi ekspektasi wajib pajak. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pengelolaan layanan sebagai referensi bagi institusi pendidikan lain yang mengimplementasikan program serupa.
Kualitas pelayanan klinik pajak PKN STAN secara umum dinilai memenuhi ekspektasi wajib pajak dengan skor rata-rata di atas 4, meskipun terdapat celah negatif (-0,02) di beberapa dimensi layanan.Dimensi keandalan mencatat celah negatif konsisten, menunjukkan ketidaksesuaian dalam akurasi, ketepatan waktu, dan profesionalisme layanan.Faktor tempat menunggu, kecepatan layanan, dan waktu tunggu masih perlu ditingkatkan untuk menyempurnakan pengalaman pangan.Disisi lain, dimensi empati menunjukkan skor positif, mengindikasikan keberhasilan relawan membangun hubungan interpersonal yang efektif.
Penelitian lanjutan disarankan memetakan perbandingan kualitas layanan klinik pajak antar institusi pendidikan di Indonesia untuk mengidentifikasi faktor unik yang memengaruhi keberhasilan program. Selain itu, studi dalam ranah emosionalitas relawan, misalnya pengaruh stres kerja terhadap kualitas layanan, dapat memberikan wawasan baru tentang pendekatan psikologis dalam pelayanan publik. Arah penelitian lainnya mencakup evaluasi jangka panjang dampak program klinik pajak terhadap peningkatan kepatuhan pajak masyarakat, terutama di wilayah pedesaan yang akses layanannya terbatas.
| File size | 230.68 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
LITERASISAINSNUSANTARALITERASISAINSNUSANTARA Data dikumpulkan melalui pencarian literatur di Google Scholar, mencakup periode 2015 hingga 2024. Temuan menunjukkan bahwa pertama, kepemimpinan yangData dikumpulkan melalui pencarian literatur di Google Scholar, mencakup periode 2015 hingga 2024. Temuan menunjukkan bahwa pertama, kepemimpinan yang
ECOJOINECOJOIN Fungsi pengawasan yang dilakukan oleh komisaris independen dengan keragaman gender memiliki pengaruh positif terhadap kualitas laba perusahaan, namun berdampakFungsi pengawasan yang dilakukan oleh komisaris independen dengan keragaman gender memiliki pengaruh positif terhadap kualitas laba perusahaan, namun berdampak
UNPAMUNPAM Data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu berupa laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari situs resmi BEI dan situs resmi masing-masing perusahaan.Data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu berupa laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari situs resmi BEI dan situs resmi masing-masing perusahaan.
ILOMATAILOMATA Furthermore, these independent variables also do not have a significant partial effect on asset growth. The study suggests that the relationship betweenFurthermore, these independent variables also do not have a significant partial effect on asset growth. The study suggests that the relationship between
Useful /
UNAIUNAI Terakhir, seluruh peserta berasal dari negara non-Kristen, menunjukkan bahwa konversi mereka tidak hanya melibatkan perubahan keyakinan agama tetapi jugaTerakhir, seluruh peserta berasal dari negara non-Kristen, menunjukkan bahwa konversi mereka tidak hanya melibatkan perubahan keyakinan agama tetapi juga
UNAIUNAI Di bawah nilai-nilai moral/etika: keagamaan, kejujuran, dan kesabaran. Untuk nilai-nilai budaya/tradisional: sopan santun, hemat, bijaksana, dan tekunDi bawah nilai-nilai moral/etika: keagamaan, kejujuran, dan kesabaran. Untuk nilai-nilai budaya/tradisional: sopan santun, hemat, bijaksana, dan tekun
ILOMATAILOMATA Era telah memasuki zaman terdigitalisasi di mana sistem elektronik telah menembus transaksi, termasuk perpajakan, menyederhanakan proses di antara paraEra telah memasuki zaman terdigitalisasi di mana sistem elektronik telah menembus transaksi, termasuk perpajakan, menyederhanakan proses di antara para
JIMF BIJIMF BI United Arab Emirates, Qatar, Oman, Malaysia, Maldives, Kuwait, Brunei, dan Bahrain termasuk negara dengan nilai I-SDI tertinggi. Namun, banyak negara MuslimUnited Arab Emirates, Qatar, Oman, Malaysia, Maldives, Kuwait, Brunei, dan Bahrain termasuk negara dengan nilai I-SDI tertinggi. Namun, banyak negara Muslim