ILOMATAILOMATA

Ilomata International Journal of Tax and AccountingIlomata International Journal of Tax and Accounting

Klinik pajak merupakan program yang diinisiasi oleh Pusat Pajak PKN STAN bekerja sama dengan KPP Pratama Pondok Aren sejak 2023. Program ini dijalankan oleh relawan mahasiswa yang membantu wajib pajak. Meskipun layanan berbasiskan relawan semakin umum di institusi pendidikan, penelitian evaluasi kualitas layanan program tersebut masih terbatas di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kualitas layanan yang diberikan relawan klinik pajak PKN STAN menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dianalisis melalui skoring rata-rata dan metode analisis kualitas layanan (SQ). Hasil menunjukkan skor kualitas layanan rata-rata di atas 4 dari skala 5, tetapi terdapat celah kualitas layanan negatif (-0,02), yang mengindikasikan adanya kekurangan dalam memenuhi ekspektasi wajib pajak. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pengelolaan layanan sebagai referensi bagi institusi pendidikan lain yang mengimplementasikan program serupa.

Kualitas pelayanan klinik pajak PKN STAN secara umum dinilai memenuhi ekspektasi wajib pajak dengan skor rata-rata di atas 4, meskipun terdapat celah negatif (-0,02) di beberapa dimensi layanan.Dimensi keandalan mencatat celah negatif konsisten, menunjukkan ketidaksesuaian dalam akurasi, ketepatan waktu, dan profesionalisme layanan.Faktor tempat menunggu, kecepatan layanan, dan waktu tunggu masih perlu ditingkatkan untuk menyempurnakan pengalaman pangan.Disisi lain, dimensi empati menunjukkan skor positif, mengindikasikan keberhasilan relawan membangun hubungan interpersonal yang efektif.

Penelitian lanjutan disarankan memetakan perbandingan kualitas layanan klinik pajak antar institusi pendidikan di Indonesia untuk mengidentifikasi faktor unik yang memengaruhi keberhasilan program. Selain itu, studi dalam ranah emosionalitas relawan, misalnya pengaruh stres kerja terhadap kualitas layanan, dapat memberikan wawasan baru tentang pendekatan psikologis dalam pelayanan publik. Arah penelitian lainnya mencakup evaluasi jangka panjang dampak program klinik pajak terhadap peningkatan kepatuhan pajak masyarakat, terutama di wilayah pedesaan yang akses layanannya terbatas.

  1. #kepatuhan pajak#kepatuhan pajak
File size230.68 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test