UNISLAUNISLA
E-LINK JOURNALE-LINK JOURNALPenelitian ini berkaitan dengan kesulitan siswa dalam membaca pemahaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam membaca. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI semester dua SMKN 1 Bangkinang. Sampel penelitian ini terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membaca kalimat dan teks yang panjang, kosakata, tata bahasa, mengetahui latar belakang, dan konsentrasi adalah masalah utama yang dihadapi oleh siswa kelas XI SMKN 1 Bangkinang.
Penelitian ini menemukan bahwa siswa kelas XI SMKN 1 Bangkinang mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman, terutama terkait dengan panjang kalimat dan teks, kosakata, tata bahasa, pengetahuan latar belakang, dan konsentrasi.Kesulitan-kesulitan ini menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.Oleh karena itu, guru perlu memberikan perhatian khusus pada pengembangan kosakata, pemahaman tata bahasa, dan kemampuan siswa dalam mengaktifkan pengetahuan latar belakang mereka sebelum membaca teks.
Berdasarkan temuan penelitian, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk menginvestigasi efektivitas berbagai strategi pembelajaran membaca yang dirancang khusus untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa, seperti penggunaan teknik SQ3R atau metode pembelajaran berbasis proyek. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan instrumen asesmen diagnostik yang lebih komprehensif untuk mengidentifikasi secara akurat jenis-jenis kesulitan membaca yang dialami siswa. Ketiga, studi kualitatif dapat dilakukan untuk menggali lebih dalam pengalaman dan persepsi siswa mengenai kesulitan membaca mereka, serta faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi kemampuan membaca mereka, seperti motivasi belajar dan lingkungan belajar di rumah. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran membaca dan membantu siswa mengatasi kesulitan mereka dalam memahami teks.
| File size | 547.75 KB |
| Pages | 21 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
LAAROIBALAAROIBA Berdasarkan hasil tersebut, dapat dibuat rekomendasi untuk mendesain ulang pengalaman pengguna aplikasi Peduli Protect dengan melakukan inovasi dalam berbagaiBerdasarkan hasil tersebut, dapat dibuat rekomendasi untuk mendesain ulang pengalaman pengguna aplikasi Peduli Protect dengan melakukan inovasi dalam berbagai
UNESAUNESA The study reveals the effective integration of moral development theories—Piaget, Kohlberg, Hoffman, and Haidt—into a project-based curriculum enrichesThe study reveals the effective integration of moral development theories—Piaget, Kohlberg, Hoffman, and Haidt—into a project-based curriculum enriches
LITERASISAINSNUSANTARALITERASISAINSNUSANTARA Dalam beberapa tahun terakhir, pergeseran paradigma menuju tanggung jawab sosial dan lingkungan telah menjadi prioritas utama di berbagai sektor, termasukDalam beberapa tahun terakhir, pergeseran paradigma menuju tanggung jawab sosial dan lingkungan telah menjadi prioritas utama di berbagai sektor, termasuk
UNISLAUNISLA Pertama, afiks infleksional tidak mengubah bagian kata tetapi mengubah fungsi gramatikal yang dimiliki oleh sufiks -s sebagai bentuk jamak, -es sebagaiPertama, afiks infleksional tidak mengubah bagian kata tetapi mengubah fungsi gramatikal yang dimiliki oleh sufiks -s sebagai bentuk jamak, -es sebagai
Useful /
IUSIUS Peran civil society dalam pembangunan nasional menjadi elemen penting, khususnya dalam bidang pendidikan. Artikel ini mendiskusikan pengaruh dan keterlibatanPeran civil society dalam pembangunan nasional menjadi elemen penting, khususnya dalam bidang pendidikan. Artikel ini mendiskusikan pengaruh dan keterlibatan
KOMPETIFKOMPETIF The research method used is a quantitative approach, while the analytical method used is regression analysis. Data collection techniques were carried outThe research method used is a quantitative approach, while the analytical method used is regression analysis. Data collection techniques were carried out
OJS INDONESIAOJS INDONESIA Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempersiapkan program pemberdayaan perempuan dalam membatik ini dilakukan dengan melalui sosialisasi dan dikembangkanHasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempersiapkan program pemberdayaan perempuan dalam membatik ini dilakukan dengan melalui sosialisasi dan dikembangkan
UPERTISUPERTIS Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional pada 37 sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitianMetode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional pada 37 sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian