UNISLAUNISLA

E-LINK JOURNALE-LINK JOURNAL

Penelitian ini berkaitan dengan kesulitan siswa dalam membaca pemahaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam membaca. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI semester dua SMKN 1 Bangkinang. Sampel penelitian ini terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membaca kalimat dan teks yang panjang, kosakata, tata bahasa, mengetahui latar belakang, dan konsentrasi adalah masalah utama yang dihadapi oleh siswa kelas XI SMKN 1 Bangkinang.

Penelitian ini menemukan bahwa siswa kelas XI SMKN 1 Bangkinang mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman, terutama terkait dengan panjang kalimat dan teks, kosakata, tata bahasa, pengetahuan latar belakang, dan konsentrasi.Kesulitan-kesulitan ini menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.Oleh karena itu, guru perlu memberikan perhatian khusus pada pengembangan kosakata, pemahaman tata bahasa, dan kemampuan siswa dalam mengaktifkan pengetahuan latar belakang mereka sebelum membaca teks.

Berdasarkan temuan penelitian, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk menginvestigasi efektivitas berbagai strategi pembelajaran membaca yang dirancang khusus untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa, seperti penggunaan teknik SQ3R atau metode pembelajaran berbasis proyek. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan instrumen asesmen diagnostik yang lebih komprehensif untuk mengidentifikasi secara akurat jenis-jenis kesulitan membaca yang dialami siswa. Ketiga, studi kualitatif dapat dilakukan untuk menggali lebih dalam pengalaman dan persepsi siswa mengenai kesulitan membaca mereka, serta faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi kemampuan membaca mereka, seperti motivasi belajar dan lingkungan belajar di rumah. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran membaca dan membantu siswa mengatasi kesulitan mereka dalam memahami teks.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kelas viii#siswa kelas viii
File size547.75 KB
Pages21
DMCAReportReport

ads-block-test