UPERTISUPERTIS

Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis's Helath Journal)Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis's Helath Journal)

Status gizi, pola asuh, dan pengetahuan ibu tentang pola asuh merupakan unsur penting dalam pembentukan kepribadian anak. Pola asuh yang baik meliputi pemberian makan, perawatan, dan kebersihan anak. Perbedaan dalam status gizi, pola asuh, dan pengetahuan ibu dapat memengaruhi tingkat kemandirian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi, pola asuh, dan pengetahuan ibu tentang pola asuh dengan tingkat kemandirian anak usia prasekolah di TK Negeri 02 Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan tahun 2017. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Sampel terdiri dari anak-anak yang bersekolah dan orang tua mereka. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengukuran antropometri, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian anak memiliki status gizi kurang, pola asuh kurang, dan pengetahuan kurang tentang pola asuh. Terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi, pola asuh, dan pengetahuan ibu dengan tingkat kemandirian anak. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan ibu tentang pola asuh yang tepat untuk mendukung perkembangan kemandirian anak usia prasekolah.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi, pola asuh, dan pengetahuan ibu tentang pola asuh dengan tingkat kemandirian pada anak usia prasekolah di Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri 02 Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan Tahun 2017.Penting bagi orang tua dan pihak terkait untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya status gizi, pola asuh yang tepat, dan pengetahuan yang memadai untuk mendukung perkembangan kemandirian anak usia prasekolah agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan siap menghadapi masa depan.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dipertimbangkan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat meneliti faktor-faktor lain yang memengaruhi kemandirian anak usia prasekolah, seperti lingkungan bermain dan interaksi sosial. Kedua, studi longitudinal dapat dilakukan untuk mengetahui perkembangan kemandirian anak secara berkelanjutan dan dampaknya terhadap prestasi akademik dan sosial. Ketiga, penelitian dapat mengkaji efektivitas program intervensi yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pola asuh pada orang tua, sehingga dapat meningkatkan tingkat kemandirian anak usia prasekolah.

  1. #pola asuh#pola asuh
File size822.98 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test