UNESAUNESA

Indonesia Journal of Local Wisdom EducationIndonesia Journal of Local Wisdom Education

Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi seluler berbasis kearifan lokal Jawa Timur untuk mendukung pendidikan karakter siswa pada era digital. Aplikasi dirancang memperkenalkan nilai‑nilai budaya lokal secara menarik dan interaktif. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan pendekatan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Hasil menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi seluler secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap kearifan lokal, memperkuat rasa nasionalisme, dan meneguhkan identitas budaya. Selain itu, aplikasi berkontribusi pada perbaikan sikap positif seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerjasama. Namun, terdapat beberapa masalah teknis terkait kinerja aplikasi yang perlu diperbaiki. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi yang kontekstual dan relevan dengan nilai budaya lokal.

Analisis statistik dengan uji t berpasangan menghasilkan nilai p < 0,05, menandakan peningkatan pemahaman siswa terhadap nilai kearifan lokal setelah menggunakan aplikasi bersifat signifikan secara statistik.Oleh karena itu, aplikasi seluler ini dapat dianggap efektif dalam mendukung pendidikan karakter berbasis kearifan lokal.Meskipun demikian, masih diperlukan perbaikan teknis, seperti peningkatan kecepatan muat dan penghilangan bug, serta pengembangan fitur tambahan untuk memperluas dampaknya.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji sejauh mana integrasi modul realitas tertambah (augmented reality) ke dalam aplikasi pendidikan karakter meningkatkan keterlibatan siswa dan memperdalam pemahaman mereka terhadap nilai‑nilai kearifan lokal di Jawa Timur. Selanjutnya, penting untuk meneliti pengaruh elemen gamifikasi, seperti sistem poin, badge, dan papan peringkat, terhadap motivasi belajar serta perkembangan karakter, khususnya dalam aspek kejujuran, tanggung jawab, dan kerjasama antar siswa. Selain itu, penelitian dapat mengevaluasi efektivitas program pelatihan guru dalam penggunaan aplikasi, untuk mengetahui bagaimana peningkatan kompetensi guru mempengaruhi penerapan aplikasi secara konsisten di berbagai sekolah dengan konteks sosial‑ekonomi yang berbeda. Studi komparatif antara sekolah perkotaan dan pedesaan juga dapat memberikan wawasan tentang adaptasi konten lokal yang paling relevan. Penelitian longitudinal yang melacak perubahan karakter siswa selama satu tahun penggunaan aplikasi dapat memberikan bukti kuat mengenai dampak jangka panjang. Akhirnya, pengembangan versi multiplatform (misalnya, web dan tablet) dapat diuji untuk menilai aksesibilitas dan keberlanjutan penggunaan di lingkungan belajar yang beragam.

  1. Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan | Jurnal Basicedu. metaverse tantangan peluang... doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2615Metaverse Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan Jurnal Basicedu metaverse tantangan peluang doi 10 31004 basicedu v6i3 2615
  2. Javanese local wisdom values for development from an Islamic perspective | Journal of Islamic Economics... doi.org/10.20885/jielariba.vol9.iss1.art4Javanese local wisdom values for development from an Islamic perspective Journal of Islamic Economics doi 10 20885 jielariba vol9 iss1 art4
  3. Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1470/1/012030Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human iopscience iop article 10 1088 1742 6596 1470 1 012030
  4. Strengthening Brand Identity: Embracing Local Wisdom through Character Education Management | Hasanah... ejournal.unuja.ac.id/index.php/IJESS/article/view/3435Strengthening Brand Identity Embracing Local Wisdom through Character Education Management Hasanah ejournal unuja ac index php IJESS article view 3435
  1. #sosial budaya lokal#sosial budaya lokal
  2. #aplikasi seluler#aplikasi seluler
File size238.27 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test