LAAROIBALAAROIBA

Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba JournalReslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tingkat pengetahuan, lokasi dan literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menggunakan produk Bank Syariah Indonesia di cabang Kabupaten Belitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu non-probability sampling dan convenience sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Berdasarkan Tabel Uji t diketahui bahwa tingkat pengetahuan memiliki nilai thitung sebesar 4,461 dan lebih besar dari ttabel 1,991 dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05 artinya tingkat pengetahuan berpengaruh terhadap minat masyarakat. Untuk lokasi tidak memberikan pengaruh terhadap minat masyarakat untuk menggunakan produk Bank Syariah Indonesia hal ini berdasarkan Tabel uji t bahwa lokasi memiliki thitung 1,014 lebih kecil dari ttabel 1,991 dengan signifikan 0,314 < 0,05. Sedangkan literasi keuangan syariah memiliki nilai thitung 6,797 lebih besar dari ttabel 1,991 dengan signifikan 0,000 < 0,05 artinya literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk menggunakan produk Bank Syariah Indonesia. Sedangkan pengaruh ketiga variabel yaitu tingkat pengetahuan, literasi keuangan syariah terhadap keputusan Masyarakat berdasarkan pengujian regresi linier berganda menunjukkan koefisien determinasi R2 sebesar 0,641 atau 64,1%, yang artinya bahwa variabel tingkat pengetahuan, lokasi dan literasi keuangan syariah mempengaruhi 64,1% minat masyarakat menggunakan produk Bank Syariah Indonesia dan sisanya 35,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan mengenai pengaruh tingkat pengetahuan, lokasi dan literasi keuangan syariah terhadap minat masyarakat menggunakan produk Bank Syariah Indonesia, maka dapat disimpulkan sebagai berikut.Tingkat pengetahuan berpengaruh terhadap minat masyarakat menggunakan produk Bank Syariah Indonesia, hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung 4,461 lebih besar dibandingkan ttabel 1,991, dan nilai signifikan sebesar 0,00 lebih kecil 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima.Lokasi tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat menggunakan produk Bank Syariah Indonesia, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai thitung 1,014 lebih kecil dari ttabel 1,991, dan nilai signifikan 0,314 lebih besar 0,05.Nilai koefisien lokasi berarah positif dengan nilai 0,084 terhadap minat masyarakat menggunakan produk Bank Syariah Indonesia, hal tersebut dibuktikan dengan thitung 6,797 lebih besar dari ttabel 1,991, dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.Literasi keuangan Syariah berpengaruh terhadap minat masyarakat menggunakan produk Bank Syariah Indonesia.Tingkat pengetahuan, dan Literasi Keuangan Syariah secara bersama sama memberikan pengaruh positif 64,1% terhadap minat masyarakat menggunakan produk Bank Syariah Indonesia berdasarkan hasil pengujian regresi linier berganda yang menunjukkan koefisien determinasi R2 sebesar 0,641 atau 64,1%, dan sisanya 35,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini.

Penelitian lanjutan dapat fokus pada pengaruh faktor psikologis dan budaya terhadap minat masyarakat menggunakan produk bank syariah, karena faktor ini belum sepenuhnya dijelaskan dalam penelitian ini. Selain itu, perlu dilakukan studi komparatif antara wilayah pedesaan dan perkotaan untuk memahami perbedaan motivasi penggunaan produk syariah. Terakhir, penelitian juga bisa mengkaji pengaruh kebijakan pemerintah terhadap peningkatan literasi keuangan syariah di daerah terpencil, karena hal ini bisa menjadi solusi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam sistem keuangan syariah.

  1. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Di Kota Tasikmalaya... doi.org/10.15408/akt.v11i1.8135Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Di Kota Tasikmalaya doi 10 15408 akt v11i1 8135
  1. #literasi keuangan syariah#literasi keuangan syariah
File size221.73 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test