LAAROIBALAAROIBA

Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba JournalReslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Bogor. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data yang terkumpul dalam bentuk angka dianalisis dengan analisis regresi sederhana. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan teknik survei, karena bertujuan untuk mendalami dan mengetahui korelasi supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Kuesioner pada penelitian ini menggunakan angket tertutup yaitu angket yang diberikan kepada responden dengan disediakannya jawaban sehingga responden menentukan satu jawaban yang sesuai dengan dirinya. Kuesioner pada penelitian ini menggunakan skala Likert dengan lima alternatif jawaban yang terdiri dari pernyataan positif dan negatif. Berdasarkan uji regresi diperoleh nilai signifikan sebesar (0,009) < a (0,05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja mengajar guru terhadap supervisi akademik.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah dijelaskan dengan segala keterbatasan peneliti yang meneliti variabel Y (kinerja mengajar guru) dan variabel X (supervisi akademik kepala sekolah) yang dilaksanakan pada sekolah SMAN 1 Kecamatan Cibungbulang Bogor dapat ditarik kesimpulan adalah Supervisi Akademik Kepala Sekolah (X) berpengaruh terhadap Kinerja Mengajar Guru (Y) di SMAN 1 Kecamatan Cibungbulang Bogor.

Penelitian selanjutnya dapat memperluas ruang lingkup dengan membandingkan pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru di berbagai sekolah menengah pertama di wilayah berbeda untuk mengetahui variasi regional; selanjutnya, peneliti dapat menyelidiki peran variabel perantara seperti motivasi guru, kompetensi profesional, dan kepuasan kerja dalam hubungan antara supervisi akademik dan kinerja mengajar, sehingga dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang memperkuat atau melemahkan efek supervisi; terakhir, penggunaan pendekatan metode campuran (mixed‑methods) yang menggabungkan analisis kuantitatif dengan wawancara mendalam atau observasi kelas dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang mekanisme praktis supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, sekaligus menilai perspektif guru secara kualitatif mengenai dukungan yang mereka rasakan.

  1. Infusion of Environment Dimension of ESD into Science Learning Through the RADEC Learning Model in Elementary... jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/817Infusion of Environment Dimension of ESD into Science Learning Through the RADEC Learning Model in Elementary jppipa unram ac index php jppipa article view 817
  2. Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah | Jurnal... doi.org/10.21831/jump.v3i1.39020Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah Jurnal doi 10 21831 jump v3i1 39020
  1. #supervisi akademik kepala#supervisi akademik kepala
  2. #korelasi supervisi akademik#korelasi supervisi akademik
File size277.52 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test