LAAROIBALAAROIBA

Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba JournalReslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. Adapun metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Pada variabel bebas yaitu kualitas pelayanan dan harga, sedangkan kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat. Semua pernyataan valid, reliabel, dan normal. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan dengan nilai reliabilitas dapat dilihat bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) 0,939, variabel harga (X2) 0,912. Kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap kepuasan pelanggan dapat dilihat dari nilai R Square 0,849, yang menunjukkan variabel independen yang terdiri dari kualitas pelayanan dan harga dapat dijelaskan dengan kepuasan pelanggan 84,9% mampu menjelaskan variabel independen yaitu kepuasan pelanggan (Y) sedangkan sisanya 15,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Warteg Kharisma Bahari, Cicadas Gunung Putri.

Berdasarkan hasil perhitungan tabel di atas dapat diinterpretasikan bahwa kualitas pelayanan (X1) mempunyai hubungan positif atau searah, sehingga bila kualitas pelayanan ditingkatkan, maka kepuasan pelanggan juga akan meningkat.Harga (X2) mempunyai hubungan positif atau searah, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Thitung untuk variabel X2 sebesar 6,658.Pengujian secara simultan dapat disimpulkan terbukti signifikan karena dengan nilai signifikan sebesar 0,00 atau yang diperoleh lebih kecil dari a = 0,05, artinya Ho ditolak, Ha diterima.Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam mengenai peran teknologi dalam meningkatkan kualitas pelayanan di warteg, misalnya melalui pemanfaatan aplikasi pemesanan dan pembayaran digital. Selain itu, perlu dilakukan studi komparatif antara warteg dengan jenis layanan dan target pelanggan yang berbeda untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang memengaruhi kepuasan pelanggan. Terakhir, penelitian dapat menginvestigasi dampak promosi media sosial terhadap citra merek warteg dan loyalitas pelanggan, sehingga dapat memberikan wawasan bagi pengelola warteg untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif.

  1. #kepuasan pelanggan#kepuasan pelanggan
File size270.79 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test