LAAROIBALAAROIBA

Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba JournalReslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui. Implementasi Pembiasaan Shalat Dhuha dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik kelas V MI Mathlaul Anwar Bogor. Dampak Implementasi Pembiasaan Shalat Dhuha dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Kelas V MI Mathlaul Anwar Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dilaksanakan sejak 1 Januari 2023 sampai 20 Februari 2023. Adapun lokasi penelitian yaitu di MI Marhlaul Anwar Bogor. Dalam prosedur pengumpulan data penulis menggunakan Teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa. Implementasi pembiasaan Shalat Dhuha dilaksanakan sebelum proses pembelajaran dimulai, setiap hari kecuali dihari senin karena terdapat kegiatan upacara bendera, tempat Shalat Dhuha dilaksanakan di Lapangan sekolah, pada pukul 07:30 sampai dengan pukul 08:00, adapun latar belakang dan tujuan pembiasaan Shalat Dhuha yaitu sebagai program unggulan yang menjadi ciri khas sekolah dalam memberikan pembiasan yang positif terhadap peserta didik. Dampak implementasi pembiasaan Shalat Dhuha dalam pembentukan karakter religius peserta didik kelas V MI Mathlaul Anwar Bogor. Bertanggung.

Implementasi pembiasaan Shalat Dhuha telah berjalan sejak pendirian MI Mathlaul Anwar dan waktunya diubah menjadi pagi hari, sehingga memberikan perubahan positif pada siswa kelas V.Kegiatan tersebut meningkatkan kedisiplinan, karakter religius, serta rasa tanggung jawab, sekaligus mengurangi pelanggaran aturan sekolah.Dampak positif ini memperkuat reputasi sekolah dan diharapkan dapat terus berlanjut dalam jangka panjang.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi efek jangka panjang pembiasaan Shalat Dhuha dengan melacak perkembangan siswa kelas V hingga memasuki tingkat pendidikan menengah, untuk menilai keberlanjutan pengaruhnya terhadap disiplin dan karakter religius. Selain itu, studi perbandingan antara Shalat Dhuha dan kegiatan religius lain seperti hafalan Al‑Quran atau pengajian rutin dapat mengidentifikasi metode yang paling efektif dalam membentuk kedisiplinan dan nilai religius pada peserta didik. Penelitian juga dapat meneliti peran keterlibatan orang tua dalam praktik Shalat Dhuha di rumah, menguji bagaimana dukungan keluarga memoderasi atau memperkuat dampak program sekolah terhadap perilaku dan motivasi religius siswa.

  1. #teknik analisis data#teknik analisis data
File size345.45 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test