UNSAPUNSAP

Repository FKIP UNSAPRepository FKIP UNSAP

Aktivitas ice breaking yang menarik bisa menjadi pemecah suasana dalam mengatasi kebosanan mahasiswa dalam belajar. Permainan ice breaking yang menyenangkan dapat memperkuat koneksi, meningkatkan komunikasi yang lebih baik, dan menciptakan suasana yang lebih santai. Permainan Ice Breaking yang menyenangkan biasanya digunakan di beberapa tempat. Salah satunya Ketika dilaksanakannya pembelajaran di kampus. Ice breaking dapat memecahkan kebekuan suasana menjadi lebih asyik dan dapat meningkatkan kualitas kekompakan mahasiswa didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan ice breaking dalam pembelajaran mahasiswa dikelas. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Data yang diperoleh dikompulasi, dianalisis, dan disimpulkan dosen dalam melaksanakan pembelajaran rutin tiap minggunya sehingga dosen bisa melihat dan membandingkan ketika pembelajaran dengan menyelipkan teknik ice breaking atau sebaliknya.

Pelaksanaan teknik ice breaking dalam pembelajaran mahasiswa dilakukan melalui tahap persiapan, peralihan, pelaksanaan kegiatan, dan pengakhiran, dimana mahasiswa berpartisipasi dengan antusias.Tingkat kejenuhan belajar mahasiswa sebelum diterapkan teknik ice breaking berada pada kategori sangat tinggi, namun setelah penerapan berada pada kategori rendah.Penerapan teknik ice breaking secara signifikan mengurangi kejenuhan belajar mahasiswa prodi Administrasi Publik FISIP UNSAP semester IV.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji pengaruh variasi jenis permainan ice breaking terhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa, misalnya dengan membandingkan permainan berbasis gerakan fisik dan permainan berbasis teka-teki, sehingga dapat dipilih strategi yang paling efektif untuk konteks pembelajaran tertentu; Selain itu, diperlukan studi longitudinal yang menilai dampak penerapan ice breaking secara berkelanjutan selama satu semester penuh terhadap perubahan tingkat stres akademik dan prestasi belajar mahasiswa, guna memastikan keberlanjutan manfaat yang dihasilkan; Selanjutnya, penelitian dapat mengevaluasi penerapan ice breaking dalam lingkungan pembelajaran daring (online) dengan mengadaptasi teknik interaktif melalui platform digital, untuk mengetahui apakah metode tersebut tetap dapat mengurangi kejenuhan belajar dan meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam format pembelajaran jarak jauh.

  1. #ice breaking#ice breaking
File size302.41 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test