UNSAPUNSAP
Repository FKIP UNSAPRepository FKIP UNSAPCreativity is one of the essential components of 21st-century education. Someone is said to be creative if they can think creatively. So creative thinking becomes one of the focuses in mathematics education. However, some research shows students creative thinking in solving problems is still low. Therefore, analyzing what factors affect creative thinking in solving problems is necessary. The research was conducted on 7th-semester students who have taken transformation geometry courses with qualitative research methods. The data is retrieved using tests, interviews, and study documents. The analysis showed that factors that influence creative thinking in solving problems include learning conducted by the learning model, teaching materials used, academic ability, and non-cognitive factors such as students attitude towards learning and test questions and confidence in their abilities.
Based on the analysis of test results, interviews, and document studies, the factors causing low creative thinking in students solving transformation geometry problems are learning and student factors.The learning factor is that the learning process does not provide students with opportunities to express their ideas.Student factors include cognitive abilities, particularly in transformational geometry, and non-cognitive factors like student anxiety and confidence.Therefore, a learning model and tools are needed to support students creative thinking.
Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas model pembelajaran yang secara khusus dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah geometri transformasi, dengan fokus pada pemberian kesempatan yang lebih luas bagi siswa untuk mengekspresikan ide-ide mereka. Kedua, penelitian dapat menggali lebih dalam mengenai pengaruh faktor non-kognitif seperti kecemasan matematika dan kepercayaan diri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, serta mencari strategi intervensi yang efektif untuk mengatasi faktor-faktor tersebut. Ketiga, penelitian dapat dilakukan untuk membandingkan efektivitas berbagai jenis bahan ajar, termasuk bahan ajar berbasis penemuan dan bahan ajar yang menggunakan pendekatan etnomatematika, dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam konteks geometri transformasi. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan pembelajaran matematika yang lebih kreatif dan inovatif.
| File size | 1.31 MB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IBI DarmajayaIBI Darmajaya Adanya Penerapan Akuntansi Sektor Publik dan Pengendalian Internal yang baik akan meningkatkan kinerja instansi pemerintah pada Badan Pendapatan DaerahAdanya Penerapan Akuntansi Sektor Publik dan Pengendalian Internal yang baik akan meningkatkan kinerja instansi pemerintah pada Badan Pendapatan Daerah
UNSAPUNSAP Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan sebuah pendekatan kajian sastra secara ekspresif untuk menganalisisMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan sebuah pendekatan kajian sastra secara ekspresif untuk menganalisis
ALJAMIAHALJAMIAH Karya ini tidak hanya dikenal di kalangan para ilmuwan Arab tetapi juga mendapatkan perhatian dari para orientalis Barat yang mempelajari bahasa Arab.Karya ini tidak hanya dikenal di kalangan para ilmuwan Arab tetapi juga mendapatkan perhatian dari para orientalis Barat yang mempelajari bahasa Arab.
ALJAMIAHALJAMIAH Semiotik adalah ilmu tanda yang mempelajari segala sesuatu yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Dalam studi sastra, semiotik dapat digunakan untukSemiotik adalah ilmu tanda yang mempelajari segala sesuatu yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Dalam studi sastra, semiotik dapat digunakan untuk
Useful /
PROSPECTPUBLISHINGPROSPECTPUBLISHING Inisiatif ini mendemonstrasikan solusi yang dapat direplikasi untuk mengubah masalah lingkungan menjadi aset ekonomi, sekaligus mendorong kemandirian masyarakatInisiatif ini mendemonstrasikan solusi yang dapat direplikasi untuk mengubah masalah lingkungan menjadi aset ekonomi, sekaligus mendorong kemandirian masyarakat
UNSAPUNSAP Cara siswa mengerjakan tugas bahasa Indonesia yaitu dengan cara mengerjakan sesuai dengan intruksi guru (57,1%), sendiri tanpa bantuan orang lain (57,1%),Cara siswa mengerjakan tugas bahasa Indonesia yaitu dengan cara mengerjakan sesuai dengan intruksi guru (57,1%), sendiri tanpa bantuan orang lain (57,1%),
ALJAMIAHALJAMIAH Analisis menunjukkan bahwa Zamakhshari menekankan analisis filologis dan sintaksis, Abduh berfokus pada pemecahan masalah kontemporer, dan Bint al-ShatiAnalisis menunjukkan bahwa Zamakhshari menekankan analisis filologis dan sintaksis, Abduh berfokus pada pemecahan masalah kontemporer, dan Bint al-Shati
ALJAMIAHALJAMIAH Namun, pendekatan ini sering kali dipertanyakan karena cenderung memisahkan teori dari praxis, value dari fact, serta scientisme dari hermeneutism. ArtikelNamun, pendekatan ini sering kali dipertanyakan karena cenderung memisahkan teori dari praxis, value dari fact, serta scientisme dari hermeneutism. Artikel