JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD
Jurnal Akademika KimiaJurnal Akademika KimiaThis study aimed to describe students creative thinking skills in Colloid material in class XI SMA Negeri 7 Palu. The type of this research was descriptive quantitative. The research sample consisted of 30 students. The data collected were in the form of test results for the ability to think creatively, which were obtained through giving essay questions as many as five items that expert validators had validated. The results of every item were on average 74.4% of fluency, while flexibility, elaboration, and originality, respectively, were 75.83%, 53.76%, 61.66%, and 47.5%. Based on the analysis of the four indicators above, it can be found that the students creative thinking ability on colloid material in class XI SMA Negeri 7 Palu was in the medium category. Students need to be accustomed to working on questions that can require them to think creatively during learning to develop their ability in creative thinking and connect theory with everyday life.
The results showed that the creative thinking abilities of class XI students of SMA Negeri 7 Palu in the categories of Fluency, Flexibility, Elaboration, and Original each had a percentage of 75.Students low creative thinking ability is caused by a lack of understanding of the concept and inability to apply it in everyday life.Therefore, students need to be accustomed to working on questions that require creative thinking during learning to develop their ability and connect theory with everyday life.
Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dilakukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengembangkan instrumen pengukuran kemampuan berpikir kreatif yang lebih komprehensif, mencakup aspek-aspek lain seperti elaborasi dan orisinalitas dengan lebih mendalam. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan model pembelajaran kimia yang secara spesifik dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, misalnya dengan mengintegrasikan metode problem-based learning atau project-based learning. Ketiga, penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan membandingkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran inovatif, untuk melihat efektivitas model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran kimia dan pengembangan potensi kreatif siswa.
| File size | 121.08 KB |
| Pages | 5 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UMMUMM Disarankan adopsi kotak pasir regulasi dan penerapan prinsip FEAT di Indonesia. Regulasi AI di sektor perbankan dan fintech menunjukkan perbedaan signifikanDisarankan adopsi kotak pasir regulasi dan penerapan prinsip FEAT di Indonesia. Regulasi AI di sektor perbankan dan fintech menunjukkan perbedaan signifikan
STAIALFALAHBJBSTAIALFALAHBJB Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi aktif dalam hadrah memungkinkan santri meresapi makna spiritual, meningkatkan ketundukan kepada Allah danHasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi aktif dalam hadrah memungkinkan santri meresapi makna spiritual, meningkatkan ketundukan kepada Allah dan
BIOTROPBIOTROP Dari periode 2017–2021 tercatat 55 titik panas di LLNP dengan puncak tertinggi pada 2019 (16 titik) dan pola peningkatan dari Juli hingga Oktober. AnalisisDari periode 2017–2021 tercatat 55 titik panas di LLNP dengan puncak tertinggi pada 2019 (16 titik) dan pola peningkatan dari Juli hingga Oktober. Analisis
EJOURNALSEJOURNALS The article presents ideas about the reliability and durability of belt conveyors in mining enterprises today, as well as the constantly increasing requirementsThe article presents ideas about the reliability and durability of belt conveyors in mining enterprises today, as well as the constantly increasing requirements
Useful /
EJOURNALSEJOURNALS Berdasarkan hal tersebut, dilakukan analisis studi ilmiah yang menunjukkan bahwa ketika bushing dengan elemen sabuk digunakan pada drum, dapat meningkatkanBerdasarkan hal tersebut, dilakukan analisis studi ilmiah yang menunjukkan bahwa ketika bushing dengan elemen sabuk digunakan pada drum, dapat meningkatkan
UNDIKSHAUNDIKSHA PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalahPBL secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah
UNSAPUNSAP Penelitian menemukan bahwa penokohan dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin beragam namun tetap mencerminkan ciri khas pengarang dengan tokoh sederhanaPenelitian menemukan bahwa penokohan dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin beragam namun tetap mencerminkan ciri khas pengarang dengan tokoh sederhana
UNSAPUNSAP Faktor penyebab siswa terlambat atau tidak mengerjakan tugas, yaitu yang pertama faktor internal siswa karena badan cape dan sakit (59,5%) sehingga siswaFaktor penyebab siswa terlambat atau tidak mengerjakan tugas, yaitu yang pertama faktor internal siswa karena badan cape dan sakit (59,5%) sehingga siswa