STAIALFALAHBJBSTAIALFALAHBJB

Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan KemasyarakatanAl-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan

Penelitian ini membahas tentang Kesenian Hadrah : membangun Karakter Islami siswa melalui nilai pendidikan Di Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesenian hadrah dalam membangun karakter Islami siswa melalui nilai pendidikan di pondok pesantren Al Falah Putera. Subjek penelitian ini adalah guru/pembimbing dan santri grup hadrah. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam dalam kesenian hadrah serta faktor yang mempengaruhi dalam kesenian hadrah untuk membentuk karakter Islami siswa di pondok Pesantren Al Falah Putera. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan dengan cara klasifikasi data, editing, dan interpretasi data. Kemudian data tersebut disajikan dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data secara deskriptif dan pengambilan simpulan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui bahwa nilai pendidikan Islam dalam kesenian hadrah di Pondok Pesantren Al Falah Putera mempunyai tiga nilai pendidikan Islam, yaitu nilai iʻtiqādiyyah, khuluqiyyah, dan ʻamaliyah. Dari ketiga nilai pendidikan tersebut, maka dapat terbentuk karakter pada santri berupa karakter religius, toleransi, disiplin, bersahabat/komunikatif dan peduli sosial.

Kesenian hadrah di Pondok Pesantren Al Falah Putera Bangarbaru menumbuhkan tiga nilai pendidikan Islam yaitu itiqadiyyah, khuluqiyyah, dan amaliyah yang membentuk karakter religius, toleran, disiplin, bersahabat/komunikatif, dan peduli sosial pada santri.Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi aktif dalam hadrah memungkinkan santri meresapi makna spiritual, meningkatkan ketundukan kepada Allah dan Nabi, serta mempererat hubungan antar santri.Kesimpulan menegaskan bahwa hadrah dapat dijadikan sarana efektif pendidikan karakter di lingkungan pesantren.

Mengingat peran hadrah dalam membentuk karakter, penelitian selanjutnya dapat menilai dampaknya terhadap prestasi akademik santri dengan menggunakan desain kuasi‑eksperimental. Selain itu, studi perbandingan antara hadrah dan bentuk seni Islami lain, seperti gamelan atau qasidah, dapat memberikan wawasan apakah unsur budaya tertentu lebih efektif dalam meningkatkan nilai moral. Penelitian longitudinal dapat meneliti perkembangan karakter santri yang terus berpartisipasi dalam hadrah dibandingkan dengan santri yang tidak, sehingga menilai keberlanjutan efek edukatif. Studi kualitatif mendalam tentang persepsi santri terhadap makna hadrah dapat mengidentifikasi elemen‑elemen yang paling berpengaruh dan membantu merancang program pengembangan seni yang lebih terfokus. Terakhir, kajian tentang adaptasi hadrah dalam pendidikan jarak jauh atau media digital dapat membuka jalan bagi penerapan seni tradisional dalam konteks modern. Sementara itu, analisis statistik pada data pengukuran karakter akan memperkuat validitas temuan. Selain itu, kolaborasi interdisipliner dengan pakar pendidikan karakter dan psikologi dapat menghasilkan framework komprehensif untuk integrasi seni dalam kurikulum pesantren. Seluruh upaya ini bertujuan menyokong pembentukan individu yang tidak hanya cakap secara akademik, tetapi juga memiliki karakter kuat.

  1. #teknik analisis data#teknik analisis data
  2. #karakter islami siswa#karakter islami siswa
File size569.93 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test